simple hit counter

Tips Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

Sehatpintar – Saat musim penghujan tiba, perubahan cucaca ini membuat kita bersyukur. Namun disisi lain pula, perubahan cuaca ini membuat kita harus waspada. Karena di musim hujan, biasanya akan marak terjangan penyakit mematikan yaitu penyakit demam berdarah atau DBD. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila kita mengetahui beberapa cara mencegah dan mengatasi penyakit demam berdarah sejak dini.

Anda memiliki putra putri dengan demam berdarah? Tahukah anda apa penyakit demam berdarah tersebut? Percayakah anda kalau demam berdarah ternyata bisa disembuhkan? Pahamkah anda dengan pertolongan pertama DBD? Sadarkah anda kalau DBD terjadi disebabkan ketidak tahuan kita tentang cara mencegah penyakit DBD?

Apa Itu Penyakit Demam Berdarah?

Penyakit demam berdarah merupakan satu gangguan penyakit yang bisa memicu terjadinya nyeri dahsyat hingga menembus tulang. Penyakit DBD ini biasanya dipicu oleh terjangan virus bernama Degue yang disebarluaskan ke dalam jaringan organ tubuh manusia via suntikan nyamuk Aedes Aegypti. Saat musim hujan, gangguan penyakit DBD semakin marak terjadi. Bahkan di Indonesia, dalam 5 tahun terakhir, terjangan DBD berhasil merobohkan ribuan orang dan 35 % ( nya ) mengalami kematian

Siapa Saja Penderita Demam Berdarah?

Menurut catatan medis, penderita penyakit demam berdarah paling banyak adalah remaja, anak anak dan balita. sekalipun juga ada beberapa pasien yang berasal dari golongan orang dewasa. Hal ini terjadi karena anak anak memiliki tubuh yang masih rentan dengan sistem imun berkwalitas cukup rendah. Selain itu, masih banyak anak anak di Indonesia yang pasokan gizi dari makanannya belum ideal sehingga mudah diserang oleh virus Degue.

Selain banyak diderita oleh anak anak dan remaja, ternyata penyakit demam berdarah juga lebih banyak menyerang kaum wanita daripada kaum pria dengan tingkat keparahan lebih besar perempuan dibandingan laki laki.

Bahaya Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah adalah satu postural anomali tubuh yang tidak boleh dianggap ringan. Pasalnya sudah banyak kasus dimana penderita demam berdarah harus merelakan nyawa karena kasus DBD yang tidak tertangani. Berikut ini bahaya DBD yang sangat meresahkan, yaitu:

  1. Kematian
  2. Kerusakan sistem imun
  3. Kekurangan sel darah merah
  4. step karena panas tinggi
  5. Mengancam jiwa pada penderita diabetes dan asma

Gejala Gejala Demam Berdarah

Sebagai bahan antisipasi, sudah selayaknya anda mengerahui secara full education mengenai penyakit demam berdarah. Salah satu pengetahuan tentang DBD adalah gejala gejala yang sering terjadi. Tujuan anda mengetahui gejala penyakit DBD, agar anda bisa melakukan deteksi dini dan bisa memberikan pertolongan pertama dengan optimal.

Ini Dia Gejala Penyakit Demam Berdarah

  1. Demam tinggi hingga 4° C
  2. Nyeri di area belakang organ mata
  3. Mengalami nyeri sendi, otot dan Jaringan Tulang
  4. Mengalami Sakit Kepala dengan nyeri luar biasa
  5. Mengalami Ruam Di seluruh badan
  6. Mimisan dan pendarahan ringan lain
  7. Kulit Memar
  8. Batuk dan Pilek Diatas Wajar
  9. Kehilangan Selera makan
  10. Mual dan Muntah
  11. alami gatal di area kaki

Pertolongan Pertama DBD

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang sangat membahayakan. Karena sebagian besar penderita DBD berujung pada kematian. Atas dasar itulah kalau anda ingin anak anak anda, remaja putri anda atau bahkan anda sendiri selamat dari gangguan DBD, maka pelajarilah gejala gejalanya. Nah setelah anda tahu gejala gejala DBD seperti yang sudah saya jelaskan diatas, maka anda pun harus memiliki kesiagaan penuh seandainya gejala gejala tersebut benar benar menimpa anda atau keluarga anda. Salah satu bentuk kesiagaan anda adalah dengan menerapkan pertolongan pertama pada penderita penyakit demam berdarah.

Pertanyaannya sekarang andalah bagaimanakah pertolongan pertama pada demam berdarah?

Nah untuk menjawa pertanyaan tersebut dibawah ini akan kami list pertolongan pertama pada penderita demam berdarah, yaitu:

  1. Menambah kadar cairan mineral bagi penderita dengan memberinya minum yang banyak.
  2. Kompres untuk menurunkan gejala panas demam yang tinggi
  3. Berikan obat untuk penurun panas
  4. Kalau dalam 2 hari gejala tidak juga hilang, segera rujuk ke rumah sakit terbaik
  5. Kalau gejala bertambah dengan muntah dan pingsan, anda harus segera melakukan opname untuk mendapatkan penanganan yang lebih fokus.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Kalau melihat efek dari penyakit demam berdarah, tentunya anda tidak akan menyepelekannya barang sedikitpun masalah. Karena sedikit saja pasal DBD anda sepelekan, nyawa anda jadi taruhan. Atas dasar itulah. Kami akan membantu anda memerangi DBD dengan memberikan list cara mencegah DBD yang telah diakui secara medis, yaitu:

1. Perhatikan Kebersihan Lingkungan Rumah Anda

karena kalau lingkungan kotor merupakan tempat paling digemari oleh nyamauk jenis apapun termasuk nyamuk jenis aedes aegepty.

2. Selalu Menjalankan Program Pemerintah 3 M

yaitu menutup bak mandi, menguras bak mandi minimal 1 minggu sekali, mengubur sampah yang mudah tergenang air saat musim hujan.

3. Berikan Obat Oles Kulit Anti Nyamuk

Berikanlah Obat oles anti nyamuk pada putra putri anda sebelum melakukan aktifitas di siang hari. karena biasanya DBD menyerang saat pagi hari.

Selain tiga cara utama tersebut, tenyata juga ada beberapa tehnik untuk mencegah Dbd dengan status kondisional, yaitu:

  1. Tetap memakai obat anti nyamuk di malam hari
  2. Pastikan tidak ada liang tempat nyamuk masuk ke rumah anda
  3. Pasang kelambu di seputar tempat tidur anak
  4. Tutup tempat sampah sehabis dipakai
  5. Balikkan wadah yang berpotensi sebagai sarang nyamuk

Demikianlah ulasan singkat yang berkaitan dengan cara mencegah penyakit demam berdarah. Saran kami, lakukan cara cara diatas, agar anda dan keluarga anda bisa selamat dari kematian hanya karena nyamuk pembawa penyakit mematikan.

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali