simple hit counter

Sakit Payudara Saat Menyusui Bisa Jadi Mastitis

Sakit Payudara Saat Menyusui, Bisa Jadi Mastitis – Menyusui merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk memberikan asupan nutrisi pada bayi hingga usia 2 tahun. Akan tetapi, ada beberapa kendala saat menyusui, biasanya ibu menyusui merasakan sakit pada payudara ketika menyusui. Dan biasanya rasa sakit pada payudara ini turut diserati dengan peningkatan suhu tubuh yang tinggi, serta menimbulkan rasa lelah yang berlebihan. Maka jika hal ini terjadi, kemungkinan anda menderita penyakit mastitis.

Mastitis sendiri merupakan penyakit dimana terjadi pembengkakan payudara karena adanya sumbatan didalam saluran susu. Biasanya mastitis diderita oleh para perempuan yang baru saja melahirkan. Dan rasa sakit yang dialami bisa terjadi pada satu payudara atau bahkan kedua bagian payudara. Untuk tindakan pencegahannya, tentu anda mesti mengetahui terlebih dahulu lebih dalam lagi tentang apa itu penyakit mastitis yang akan dibahas dibawah ini.

Mengenal lebih jauh tentang penyakit mastitis

Jenis mastitis

Penyakit mastitis ini terdiri dari dua jenis yang perlu untuk anda ketahui yaitu mastitis infektif serta mastitis non infektif. Untuk mastitis infektif, disebabkan karena adanya kuman yang masuk kedalam saluran susu. Hal ini terjadi lewat perantara hidung dan mulut bayi yang membawa kuman ketika menyusu. Sedangkan untuk mastitis non infektif disebabkan karena terjadi penyumbatan saluran susu atau juga dikarenakan posisi ketika menyusui. Biasanya memang mastitis banyak dialami oleh ibu menyusui yang masih pertama menyusui.

Gejala mastitis

Banyak sekali indikasi seorang ibu menyusui terkena mastitis diantaranya adalah payudara akan terasa hangat ketika disentuh, dan juga diiringi dengan pembengkakan payudara. Selain itu, untuk kulit sekitar area payudara akan kemerah-merahan hingga disertai dengan demam.

Penyebab dan Pencegahan penyakit mastitis

Setiap penyakit pasti bisa dicegah, termasuk juga penyakit mastitis, untuk pencegahan dari penyakit mastitis ini sendiri antara lain adalah dengan beristirahat secara cukup.karena salah satu penyebab dari penyakit mastitis ini karena faktor kelelahan. Selain itu jika anda menggunakan BH dengan ukuran yang tidak sesuai dengan payudara, juga bisa menyebabkan terjadinya mastitis, jadi gunakanlah BH yang sesuai dengan ukuran payudara. Selalu menjaga kebersihan payudara dan mengusahakan agar payudara tetap kering walaupun setelah menyusui, juga bisa menjadi salah satu pencegahan mastitis.

Pengobatan mastitis

Untuk mengobati mastitis, anda bisa menggunakan antibiotic sesuai resep dokter. Ini berfungsi mematikan bakteri jika mastitis yang anda alami adalah mastitis infektif. Dan untuk payudara yang sakit, maka bisa diobati dengan cara dikompres menggunakan air dingin. Selain itu, dengan disertai mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit mastitis ini.

Demikian beberapa review mengenai mastitis. Walaupun penyakit mastitis tidak berdampak buruk pada kesehatan bayi,akan tetapi anda mesti benar-benar menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh anda, agar lancar dalam memberikan ASI eksklusif untuk buah hati anda. jika anda memiliki gejala payudara yang nyeri ketika sedang menyusui, maka anda mesti bersegera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali