simple hit counter

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih – Infeksi kandung kemih merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mesti anda kenali. Penyakit satu ini bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Sayangnya gejala penyakit ini tidak begitu dikenali bahkan hampir sama dengan gejala penyakit pada umumnya. Hanya saja infeksi saluran ini akan menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit berlebih pada saluran kecingnya. Penyebabnya sangat beragam dan sebagian besar karena pola hidupnya yang tidak bersih.

Bakteri e-colli merupakan penyebab utama penyakit ini. bakteri ini bisa menular melalui makanan, hingga kondisi air yang tidak higienis. Gaya hidup sehat dan bersih akan membuat kita tercegah dari infeksi saluran kemih ini. infeksi saluran kemih bisa menyerang pria dan wanita. namun umumnya menyerang mereka yang sering menahan buang air kecil. Kenali apa saja penyebab dan gejala infeksi saluran kemih untuk mengantisipasi agar hal tersebut menjangkiti anda.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

1. Bakteri escherichia coli

Bakteri yang kerap disebut e-coli ini merupakan penyebab utama infeksi saluran kemih. Bisa jadi bakteri ini hinggap karena kurangnya menjaga kebersihkan area kewanitaan atau karena air yang tercemar. Oleh sebab itu lingkungan dan kondisi air yang bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan saluran kemih anda.

2. Kurang minum air putih

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan ginjal memerlukan cairan untuk berfungsi baik. akibatnya cairan urine yang dihasilkan lebih pekat karena kerja ginjal terganggu. Jika kekurangan cairan ini bisa memancing bakteri maka infeksi saluran kemih akan terganggu dan kemungkinan besar mengalami berbagai masalah kesehatan lainnya.

3. Sering menahan buang air kecil

Buang air kecil sangat penting untuk mengeluarkan sisa racun dan kotoran. Jika anda kerap menahan diri buang air kecil maka bakteri dan racun akan mengendap dalam saluran kemih anda. lama kelamaan akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Selain itu selepas berhubungan jika tidak langsung buang air kecil juga menyebabkan penyakit infeksi ini lebih besar menjangkiti anda.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

1. Sindrom Uretra

Sindrom uretra bisa diidentifikasi dengan beberapa hal seperti dorongan untuk selalu buang air kecil namun disertai rasa nyeri tumpul yang konstan pada area kemaluan. Selain itu nyeri ketika buang air kecil juga bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih. Air seni pun berbau tidak sedap lantaran terinfeksi bakteri.

2. Demam dengan suhu tinggi

Demam dengan suhu diatas 38 derajat biasanya akan mengiringi penyakit ini. demam bisa disebabkan karena infeksi bakteri mengganggu metabolisme tubuh. demam akan dibarengi dengan rasa mual dan menggigil yang tak terkendali. Selain itu buang air besar juga menjadi tidak terkontrol.

3. Nyeri saat buang air kecil

Ketika buang air kecil penderita akan mengalami nyeri yang tak tertahankan. Nyeri tersebut disebabkan karena saluran kemih sudah terinfeksi bakteri. Bakteri tersebut menyebabkan area saluran menjadi meradang sehingga rasa nyeri sangat terasa.

Demikianlah berbagai penyebab serta gejala infeksi saluran kemih. Semoga membantu anda mengenali penyakit tersebut dan mencegahnya agar tidak menjangkiti anda.

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali