Penurunan Trombosit Bagi Penderita Sakit Demam Berdarah

Diposting pada

Sehatpintar – Demam berdarah merupakan penyakit menular yang telah disebabkan oleh virus demam berdarah, yang merupakan nyamuk, khususnya ditemukan di daerah-daerah tropis. Komplikasi yang banyak ditakuti dari penyakit demam berdarah ini adalah adanya pendarahan, yang disebabkan oleh penurunan trombosit darah. Tak ada dikenal terapis medis untuk dapat tingatkan jumlah kecuali untuk transfusi trombosit. Tapi beberapa solusi alami yang bisa membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit. Walaupun ini bukanlah metode yang mudah, bisa membantu dalam beberapa kasus dan juga tidak ada salahnya bagi pasien dengan cara apapun.

Penurunan trombosi darah bagi penderita demam berdarah

Demam berdarah erat kaitannya dengan penurunan jumlah trombosit. Penurunan kadar trombosit ini biasanya terjadi pada 3 hari dari pada set demam. Saat virus melalui gigitan nyamuk telah menginfeksi seseorang, virus cenderung untuk mengikat ke sel darah putih, lalu memasuki mereka. Setelah hal ini, mereka akan mulai bereproduksi di dalam sel dan melakukannya sembari beredar di seluruh tubuh. Sebab respon kekebalan tubuh, sel darah putih ini akan menghasilkan sinyal protein, seperti halnya dengan sitokin dan juga interferon, yang menjadi penyebab berbagai gejala seperti demam dan nyeri tubuh yang cukup parah, terkait dengan sakit demam berdarah tersebut.

Jika memang penderita sakit demam berdarah ini mengalami penurunan jumlah trombosi cara untuk bisa mengatasi atau pun meningkatkan jumlah trombosit tersebut adalah dengan banyak makan makanan alami yang mudah tersedia. Seperti halnya dengan daun pepaya, sebab daun pepaya ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu sumsum tulang meningkatkan produksi trombosit. Cara terbaiknya adalah untuk menghancurkan 3 daun pepaya yang masih segar tanpa menambahkan bagian berserat untuk membuat 1 gelas jus dan mengkonsumsi 2 sendok makan setiap 6 jam dalam sehari. Antioksidan yang hadir dalam makanan juga bisa membantu dalam mentralisir radikal bebas dan juga membantu atasi penurunan jumlah trombosit, diantaranya seperti stroberi, blueberry, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi sekilas tentang penurunan trombosit bagi penderita sakit demam berdarah yang bisa kami informasikan, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...