simple hit counter

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Sehatpintar Tanda Awal Kehamilan merupakan saat yang tak terlupakan serta menggembirakan untuk pasangan suami istri. Terutama untuk pasangan yang telah lama menanti kedatangan sang jabang bayi. Karena dengan mengandung maka anggapan sebagian besar wanita adalah menjadi seorang ibu dan istri yang baik untuk suaminya. Oleh karena itu untuk mewujudkan semua itu maka bagi si calon ibu dan ayah yang baru pertama kali akan mempunyai anak harus mengetahui tanda tanda awal kehamilan.

Tanda awal kehamilan bisa teridentifikasi melalui perubahan tubuh dan alat tes kehamilan. Adapun melalui perubahan tubuh yaitu; tidak terjadi haid atau menstruasi, mual dan muntah, sering buang air kecil, mengidam, payudara membesar, sembelit, rasa mengantuk yang berlebihan. Bila gejala tersebut tidak ditemukan pada tubuh wanita maka gunakanlah alat tes kehamilan karena setiap wanita hamil adalah pribadi yang istimewa, yang pastinya mempunyai keluhan dan gejala yang berbeda juga.

Tanda Awal Kehamilan yang ditandai dengan adanya perubahan tubuh

  1. Tanda yang pertama adalah tidak haid atau menstruasi. Hal ini terjadi karena rahim dipersiapkan untuk kehamilan. Oleh karena itu harus mengetahui atau mencatat kapan hari pertama dan terakhir haid.
  2. Mual dan muntah atau populer di sebut dengan morning sickness. Morning sickness yaitu ketika mual dan muntah yang terjadi pada pagi hari di awal kehamilan. Namun, mual dan muntah bisa terjadi sewaktu-waktu karena adanya hormonal yang mendadak akibat proses kehamilan.
  3. Sering buang air kecil hal ini dikarenakan kadung kemih tertekan oleh rahim yang semakin tumbuh besar dan akan berkurang saat usia kandungan memasuki 12 minggu bahkan akan muncul kembali saat memasuki usia 28 minggu.
  4. Mengidam yang terjadi pada awal kehamilan yang biasanya sang calon ibu menginginkan makanan tertentu. Mengapa demikian? hal tersebut belum bisa diketahui secara ilmiah.

Dan untuk tanda awal kehamilan selanjutnya seperti membesarnya payudara, sembelit dan rasa mengantuk di sebabkan karena terdapat perubahan hormonal pada proses kehamilan.

Menggunakan Alat Tes Urin Untuk Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Mengetahui tanda kehamilan dengan tes urin

Untuk mengetes atau mengetahui tanda awal kehamilan selain terjadi perubahan pada tubuh juga dapat menggunakan tes urin atau air kencing. Pemeriksaan melalui tes urin ini adalah untuk mengukur kadar HCG yaitu hormone yang dihasilkan oelh plasenta pada saat kehamilan, yang akan meningkat pada urin dan darah selama minggu pertama setelah pembuahan.

Mengetahui tanda awal kehamilan dengan menggunakan alat tes urin dapat dilakukan di rumah. Ada dua tipe yaitu; Bentuk strip dengan mencelupkan strip tersebut pada urin dan tipe yang kedua yaitu hanya meneteskan air kencing atau urin pada kertas indikator strip. Jika strip berada pada dua garis menunjukan positif untuk hamil. Bagi setiap wajib mengetahui ciri-ciri orang hamil. Demikianlah cara mengetahui tanda awal kehamilan dengan mengidentifikasi perubahan tubuh dan alat tes urin.

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali