simple hit counter

Mengenali Gejala TBC, Penyebab dan Cara Pengobatan Penyakit TBC

Sehatpintar – TBC tuberkulosis yang sering di sebut penyakit pada paru-paru merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan adanya bakteri basil yang menghuni organ paru-paru penderitanya. Bakteri tersebut sangat kuat; sehingga penderita memerlukan waktu lama dalam proses pengobatannya. Pengobatan penyakit TBC bisa memakan waktu minimal 6 bulan bahkan bisa lebih.

Mengenali Gejala Penyakit TBC

Tergolong sebagai salah satu penyakit menular yang ganas, TBC dapat menjuru pada kematian penderitanya. Untuk mencegah terjangkitnya penyakit TBC, kenali beberapa gejalanya. Penderita yang terserang bakteri basil akan mengalami demam dalam kurun waktu lama yang dirasakan pada malam hari yang disertai dengan keringat. Menurunnya nafsu makan hingga menurunkan berat badan juga menjadi ciri dari gejala TBC.

Gejala lainnya bisa berupa batuk-batuk dalam waktu lama hingga tiga minggu lebih disertai rasa lemas. Gejala tambahan yang sering dijumpai diantaranya; sesak nafas dan rasa nyeri pada bagian dada, batuk yang disertai dengan darah, badan lemas lesu, meriang lebih dari satu bulan.

Cara Pengobatan Penyakit TBC

Sebelum memasuki cara untuk mengobati penyakit TBC, tidak ada salahnya jika memahami penyebab infeksi TBC. Penyakit yang disebabkan bakteri tuberkulosi 90% menyerang paru-paru, dapat menular melalui cairan di saluran pernafasan yang keluar ke udara melalui bersin, batuk yang nantinya dihirup oleh orang yang berada didekatnya. Namun tidak semua orang yang menghirup akan terjangkit, tergantung dari daya tahn tubuh setiap individu serta berapa banyak udara yang dihirupnya.

Orang yang lebih cepat terjangkit adalah mereka yang mengalami kekurangan gizi yang nantinya mempengaruhi buruknya daya tahan tubuh. Dimana bakteri yang sebelumnya tertidur akan memberikan reaktivasi. Waspadalah dengan gejala batuk-batuk ringan. Hal ini dikarenakan infeksi TBC sering kali muncul tanpa adanya gejala yang khas sehingga sulit untuk dikenali pada awal terinfeksi.

Cara pengobatan penyakit TBC pada tahap awal yaitu; dengan dilakukan pemeriksaan fisik pada bagian dada. Untuk memastikan penyakit, pemeriksaan rontgen dada, tes laboratorium untuk diambil sampel darah dan dahak, serta tes tuberkulin. Pengobatan TBC sangat memakan waktu antara 6-9 bulan dengan konsumsi obat paling sedikit 3 macam obat.

Proses pengobatan diperlukan ketekunan dan kedisiplinan dari penderita dalam meminim obat, serta melakukan kontrol pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan kondisinya. Sebagai salah satu godaan pasien yakni; pada saat pengobatan berjalan 2-3 pekan gejala-gejala TBC berkurang. Hal ini menjadikan penderita enggan dan bermalas-malasan meminum obat dan untuk melakukan pemeriksaan berkala pada dokter yang menanganinya.

Dari ulasan informasi mengenai Mengenali Gejala TBC, Penyebab dan Cara Pengobatan Penyakit TBC diatas dapat menjadi referensi pembacanya dan segera melakukan pemeriksaan medis pada ahlinya untuk meminimalisir infeksi TBC.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali