simple hit counter

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat buah manggis sangat banyak. Manggis atau Garcinia mangostana merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Dulu waktu masih anak-anak biasa bermain tebak-tebakan tentang buah manggis. Buah manggis merupakan buah musiman dengan kulitnya yang berwarna unggu dan isinya berwarna putih. Orang tua kita dulu telah banyak menggunakan buah ini untuk obat. Manfaat buah manggis di bidang kesehatan sangat banyak seperti menyembuhkan penyakit mematikan dan melawan radikal bebas. Penelitian terkini melalui ilmu pengetahuan modern telah membuktikan khasiat serta kelebihan buah manggis ini dengan penemuan serupa bahan aktif di dalam buah yang tidak pernah busuk ini yang dikenali sebagai xanthone.

Beberapa manfaat buah manggis adalah untuk menyembuhkan kanker, diabetes, jantung, dan mengurangi berat badan. Sekarang ini sedang dilakukan riset yang tiada henti mengenai manfaat buah ini terhadap penyakit-penyakit kanker. Hasil penelitian sementara bahwa ekstrak yang terkandung di dalam buah manggis bisa mencegah tumbuhnya sel pada penderita leukimia, memperlambat laju perkembangan sel pada kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker usus. Buah manggis memiliki kandungan zat yang dinamakan xanthones yang sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit-penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes.

Masalah kegemukan atau obesitas bisa diatasi dengan manfaat buah manggis. Kegemukan terjadi karena membran sel yang ada di dalam tubuh kita sangat mudah membesar dan mengeras. Tapi hal ini bisa diatasi dengan zat xanthones yang ada dalam buah manggis. Zat tersebut bisa melunakkan kembali sel-sel, dan dengan sangat cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini akan membuat kita menjadi lebih bugar dan pada saat yang bersamaan dapat mengatasi kegemukan atau obesitas.

Manfaat buah manggis

Manfaat Buah Manggis : Melawan Radikal Bebas dan Menjaga Saluran Kencing

Manfaat buah manggis yang lain diantaranya adalah untuk melawan radikal bebas. Buah manggis mengandung zat yang bernama catechins yang sudah terbukti secara klinis lebih efektif dan lebih memiliki kemampuan melawan radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C atau vitamin E untuk melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman seorang penulis buku berjudul “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” telah menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis tiap hari sebagai makanan suplemen, akan membantu Anda memperoleh zat antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan suplemen manapun yang ditawarkan oleh dalam obat-obatan.

Seperti manfaat buah kawista dan manfaat buah apel juga tak kalah dengan manfaat buah manggis ini. Buah manggis juga bermanfaat untuk menjaga saluran kencing. Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya umur, kemampuan otot pinggul pada setiap wanita akan menurun dan kondisi ini akan berpengaruh pada saluran kencing Anda. Demikian juga dengan pria yang mengalami pembesaran prostat berdasarkan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi sebab bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak dapat dikeluarkan semuanya melalui saluran kencing. Zat xanthones yang mengaktifkan antibakteri adalah salah satu manfaat buah manggis.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali