Gejala Radang Selaput Otak Yang Sering Dianggap Sepele

Diposting pada

SehatpintarMeningitis (radang selaput otak) merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Virus dan infeksi bakteri menyerang bagian selaput otak. Padahal otak adalah salah satu organ tubuh paling vital sehingga jika terinfeksi bakteri akibatnya seluruh organ tubuh akan mengalami masalah. Jenis penyakit ini memiliki beberapa gejala. Sayangnya banyak yang menganggap gejala tersebut adalah masalah sepele. Memang gejalanya hampir sama dengan penyakit ringan pada umumnya.

Seperti demam, nyeri otot, hingga kejang. Namun gejala karena radang selaput otak intensitasnya lebih sering dari biasanya. Kenali terlebih dulu apa saja gejala radang selaput otak ini. jangan anggap sepele jika intensitasnya mengkhawatirkan. Agar penyakit meningitis ini tidak kian parah maka sedini mungkin antisipasinya dengan melakukan pengobatan yang tepat. berikut berbagai gejala meningitis atau radang selaput otak yang mesti diketahui.

Berbagai Gejala Radang Selaput Otak

Kejang

Banyak yang mengartikan kejang hanya sebatas efek dari demam saja. padahal gejala kejang sendiri tidak bisa dianggap sepele. Periksa lebih dini ke dokter untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan anda jika kerap mengalami kejang. Biasanya gejala kejang karena penyakit ini diiringi dengan demam sehingga sebagian besar orang menganggapnya hanya kejang biasa.

Demam

Demam memang lumrah dialami siapapun namun dengan intensitas yang sering bisa menjadi pertanda radang selaput otak. Tubuh mengalami demam akibat adanya infeksi bakteri yang semakin ganas di bagian selaput otak. Jangan abaikan jika anda kerap mengalami demam apalagi disertai demam. Cobalah periksakan ke dokter untuk identifikasi lebih lanjut.

Nyeri otot

Nyeri otot bisa menjadi pertanda meningitis karena infeksi bakteri sudah menyerang syaraf otak anda. oleh sebab itu imbasnya akan terasa kakunya otot-otot secara intens. Jangan sepelekan rasa nyeri otot. Jika intensitasnya lebih sering bisa jadi bukan nyeri otot karena cedera namun karena infeksi bakteri penyebab meningitis. Nyeri otot ini sendiri terjadi di beberapa titik tubuh terutama tangan dan kaki.

Wajah pucat

Aliran darah pada wajah akan berkurang seperti halnya berkurangnya aliran darah menuju otak. Akibatnya wajah penderita akan lebih pucat seperti halnya penderita anemia. Infeksi bakteri di selaput otak ini memang akan menyebabkan aliran darah terganggu. Sayangnya wajah pucat ini kerap diidentikan dengan kelelahan atau anemia. Padahal bisa jadi adalah pertanda radang selaput otak.

Kurang nafsu makan

Saluran pencernaan tidak bekerja dengan lancar karena infeksi bakteri sudah merambah ke titik otak yang mengatur aliran pencernaan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya nafsu makan secara drastis. Jangan anggap sepele kurangnya nafsu makan ini karena bisa menjadi sinyal berbagai penyakit berbahaya. Segera periksakan diri ke dokter jika kurang nafsu makan anda disertai beberapa gejala diatas.

Jadi jangan anggap sepele gejala-gejala diatas karena bisa jadi menjadi pertanda bahwa terdapat infeksi pada selaput otak anda. semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...