Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa Dan Penyebabnya

Diposting pada

Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa Dan Penyebabnya –Masalah kesehatan yang sebenarnya menyerang cara berfikir penderitanya salah satunya adalah Anoreksia Nervosa, yang merupakan salah satu penyakit dimana penderita penyakit ini akan merasa takut menjadi gemuk, dan terus melakukan berbagai macam cara agar bisa terlihat kurus, walaupun sebenarnya si penderita sudah memiliki tubuh yang kurus, namun tetap merasa memiliki berat badan yang kegemukan. Dan hal inilah yang memicu si penderita untuk melakukan diet ekstrim.

Penderita anerokesia nervosa ini, kerap dialami oleh remaja putri yang masih dalam rentang usia 16 hingga 17 tahun, yang mana penderita akan membatasi asupan jumlah makanannya, dan akan melakukan olahraga secara berlebihan. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh si penderita, dan jika terus menerus dilakukan, masalah kesehatan lain pun bisa muncul. Berikut ini adalah gejala dan penyebab dari anereksia nervosa yang bisa anda ketahui.

Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa

Penurunan berat badan

Yang pertama adalah mengalami penurunan berat badan yang dialami secara signifikan, dimana tubuh si penderita penyakit ini akan mengalami penurunan secara signifikan karena diet ekstrim yang dijalani oelh si penderita agar tetap terlihat kurus.

Selalu bercermin memperhatikan bentuk tubuh

Selanjutnya, si penderita penyakit ini, akan selalu bercermin memperhatikan bentuk tubuhnya karena kurangnya rasa percaya diri, akibat bentuk badan yang dimilikinya. Padahal bagi orang pada umumnya, sudah terlihat kurus, namun si penderita merasa tetap mengalami kegemukan.

Sering memuntahkan makanan kembali

Penderita penyakit ini, tidak suka mengkonsumsi banyak makanan, karena takut kegemukan, sehingga hal ini akan membuat si penderita memuntahkan makanannya kembali.

Olahraga berlebihan

Penderita penyakit ini, akan menjalai olahraga secara berlebihan, namun tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang sehat, sehingga akan menyebabkan penderita penyakit ini, memiliki bentuk tubuh yang kurus kering.

Penyebab aneoreksia nervosa

Faktor psikologis

Yang pertama adalah karena adanya gangguan psikologis, yang akan menyebabkan si penderita penyakit ini mengalami pikiran bahwa tubuh yang ideal adalah tubuh yang langsing dan kurus. Hal ini tentu akan menyebabkan si penderita menjalani program diet ekstrim untuk menurunkan berat badannya.

Kurang percaya diri

Kurang percaya diri terhadap penampilan yang dimilikinya, menjadikan si penderita penyakit ini akan terus menjalani diet ketat karena takut dan malu memiliki bentuk tubuh yang gemuk. Namun walaupun sudah memiliki tubuh yang kurus sekalipun rasa ingin menurunkan berat badan selalu ingin dijalaninya.

Faktor lingkungan

Lingkungan berperan penting dalam sebagai pemicu penyakit psikologis ini. Biasanya karena lingkungan sekitar menuntut untuk tampil menarik dengan tubuh yang langisng, maka penderita penyakit ini akan terus berupaya untuk merubah bentuk tubuhnya menjadi langsing, dengan berbagai cara, agar bisa diterima di lingkungannya.

Itulah beberapa gejala penyakit anoreksia nervosa dan penyebabnya yang bisa anda ketahui. Dukungan dan support keluarga memang sangat berpengaruh bagi para penderita agar percaya diri terhadap penampilannya dan sembuh dari penyakit anoreksia nervosa ini. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...