Cara mengobati sakit kepala

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Diposting pada

Sakit kepala memang sering datang di waktu yang kurang tepat sehingga sangat mengganggu aktivitas kita. Sakit ini kadang terjadi saat kita sedang belajar, bekerja atau saat berkumpul bersama keluarga. Apalagi jika penyakit ini sering terjadi pada anda seperti migraine. Obat yang tepat pastinya akan sangat membantu anda dalam mengatasi masalah ini. Botox merupakan obat penghilang kerut yang sangat terkenal namun ini juga efektif dalam mengobati sakit kepala. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Traci Purath, MD, seorang pimpinan medis di Comprehensive Headeache Care, di Wheaton Franciscan Medical Group yang berada di Franklin, Wisconcin. Beliau mengatakan bahwa botox bisa meredakan otot yang sedang tegang akibat sakit kepala sehingga lebih rileks. Selain itu obat ini juga mampu mencegah saraf sensorik yang menyampaikan rasa sakit ke otak dan meredakan tegangan pada dahi dan leher. Suntikan botox tidak terlalu menyakitkan, ini hampir mirip dengan suntikan akupuntur, untuk meredakan rasa sakit pada kepala anda hanya membutuhkan 8 suntikan. Namun perlu anda ketahui, efek dari pengobatan ini tidak bisa langsung anda rasakan karena efeknya akan terasa setalah 8 hingga 10 hari. Anda bisa menggunakan metode ini asal tidak dilakukan selama lebih dari 3 bulan.

Cara mengobati sakit kepala

Selain menggunakan botox, ada beberapa cara lain yang juga efektif dalam meredakan sakit kepala.

1. Menulis
Kadang untuk meredakan sakit kepala kita harus melakukan aktivitas yang menyibukkan sehingga rasa sakit itu terlupa. Menulis merupakan cara yang efektif dalam menuangkan segala isi pikiran anda, bahkan mungkin permasalahan yang kini sedang anda hadapi sehingga beban dalam pikiran anda lebih terasa ringan. Karena sakit kepala juga bisa diakibatkan oleh beban pikiran yang terlalu berat. Maka dari itu jika anda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala jika sedang banyak pikiran, cobalah menulis agar beban anda lebih ringan, jika sakit berlanjut segera periksakan diri ke dokter.

2. Tidur
Perlu anda ketahui bahwa kekurangan atau kebanyakan tidur bisa menyebabkan sakit kepala maka dari itu kita harus menjaga pola tidur kita agar terhindar dari masalah sakit kepala. Untuk standartnya kita di anjurkan tidur selama 8 jam sehari. Namun bagi anda yang memiliki aktivitas padat ini terasa sangat sulit sekali, maka dari itu cobalah untuk memejamkan mata sejenak jika anda memiliki sedikit waktu luang agar tubuh kembali fit dan segar. Sama halnya dengan baterai tubuh juga perlu untuk di charge, agar tenaga kembali penuh dan waktu yang diperlukan sekitar 7 jam perhari. Tidur yang teratur dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan anda.

3. Kafein
Kafein memang memiliki keuntungan dan kekurangan tertentu tergantung dengan kondisi masing-masing orang yang mengonsumsinya. Umumnya orang hanya mengetahui bahwa kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu membuat orang terhindar dari rasa kantuk dan juga meningkatkatkan tekanan darah. Namun ternyata kafein juga mampu meredakan sakit kepala. Cara kerja kafein adalah dengan mengontrol rasa sakit pada kepala dan membantu tubuh dalam menyerap obat migraine yang kita konsumsi, bahkan kafein juga bisa menahan sakit kepala dengan menarik/mengerutkan pembuluh darah. Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, diharapkan anda mampu untuk menentukan kapan dan berapa banyak anda harus minum kopi.

4. Makanan Ringan
Telat makan juga bisa memicu timbulnya sakit kepala. Bagi anda yang terlalu sibuk dan tidak sempat makan pasti sering merasakan hal ini. Untuk menahan rasa lapar jangan pernah sekali-kali untuk makan permen karena ini bisa mengacaukan kadar gula dalam tubuh anda. Maka dari itu sebaiknya anda makan makanan ringan terlebih dahulu, seperti apel, hal ini untuk meredakan sakit kepala dan mengontrol kadar gula darah anda sehingga tetap normal.

5. Air
Air memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Salah satu penyebab sakit kepala adalah akibat dehidrasi/kekurangan cairan, maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas perhari. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air, jika ini tidak terpenuhi maka tubuh akan mengambil kandungan air yang berada pada kulit sehingga kulit menjadi kering dan tidak sehat. Namun perlu anda ketahui bahwa “sesuatu yang berlebihan itu kurang bagus”. Seperti halnya dengan air, jika kita terlalu banyak minum air maka kemampuan tubuh dalam menyerap kadar elektrolit dan sodium akan berkurang.

6. Latihan atau Olahraga
Sebelum anda melakukan pengobatan atau terapi mengenai masalah sakit kepala, maka anda perlu mengetahui dulu jenis sakit kepala yang anda derita. Untuk mengetahui ini anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Jika anda menderita sakit kepala dan membutuhkan pengobatan berkala mungkin anda bisa melakukan latihan atau olahraga secara rutin. Olahraga mampu merilekskan otot yang tegang di kepala sehingga rasa sakit di kepala menjadi reda. Berbeda halnya dengan migrain, sakit kepala yang dipicu oleh migrain tidak bisa disembuhkan dengan latihan atau berolahraga, ini malah akan memperparah keadaan anda. Maka dari itu periksakan dulu ke dokter sebelum anda melakukan pengobatan.

7. Akupuntur
Jenis pengobatan ini sangat terkenal sekali dipengobatan tradisional cina. Metode pengobatan ini menggunakan teknik tusuk jarum. Memang terlihat menyakitkan tapi ternyata sangat efektif dalam menyembuhkan sakit kepala. Jarum-jarum ini akan ditusukkan pada bagian tertentu seperti leher, dahi dan pipi. Anda tidak perlu takut sakit karena jarum yang digunakan ini sangat kecil dan mungkin tidak akan terasa sakit. Terapi akupuntur bisa membuat tubuh menjadi rileks dan lebih sehat. Mungkin hasilnya tidak bisa anda rasakan dalam waktu yang singkat karena hasil yang maksimal bisa anda rasakan setelah selang waktu setahun kemudian atau hanya beberapa bulan saja.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...