simple hit counter

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan 15 Solusi Alami Terbaik Berikut ini

Sehatpintar – Ketika anda sakit gigi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi sesegera mungkin. Sambil menunggu untuk memutuskan pergi ke dokter, berikut adalah solusi Cara mengobati sakit gigi secara alami untuk membantu anda mengatasi, meringankan dan mengobati sakit gigi Anda.

1. Minyak Cengkeh untuk Meredakan Sakit Gigi

Cara mengobati sakit gigi yang pertama adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit. Saat mengoleskan, Anda mungkin akan sedikit terasa ngilu. Jika rasa ngilu atau kesemutan terlalu parah, maka tambahkan sedikit minyak sayur untuk mencairkan minyak cengkeh dan aplikasikan kembali larutan tersebut pada gigi.

Perlu diketahui bahwa minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri yang luar biasa yang mampu meredakan rasa nyeri saat anda sakit gigi, oleh karena itu minyak cengkeh biasa dipakai untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh mengandung eugenol, yaitu zat yang bertindak sebagai anestesi lokal. Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan untuk menguji efektivitas minyak cengkeh sebagai anestesi lokal. Dalam penelitian ilmiah terbaru dari British Association of Oral and Maxillofacial Surgeons, eugenol yang ditemukan khususnya dalam minyak cengkeh terbukti sangat efektif dalam meredakan rasa sakit gigi. Sebagai catatan yang harus di ingat, bagaimanapun, perlu diketahui bahwa minyak cengkeh mungkin akan menyebabkan iritasi bagi sebagian orang. Minyak cengkeh juga akan menjadi beracun dan berbahaya jika tertelan dalam jumlah yang banyak, maka berhati-hatilah saat mengoleskan minyak cengkeh ketika anda sakit gigi.

2. Biji Cengkeh

Jika anda tidak mendapatkan minyak cengkeh untuk melakukan cara mengobati sakit gigi yang pertama, maka solusinya adalah dengan biji cengkeh. Caranya: masukkan beberapa siung cengkeh ke bagian dalam mulut anda, biarkan hingga menjadi lunak saat bercampur dengan air liur anda dan hancurkan mereka dengan lembut di antara bagian gigi geraham anda untuk melepaskan minyak atsiri dari cengkeh tersebut. Dan biarkan gigi yang sakit setidaknya selama setengah jam sampe rasa sakit giginya berkurang.

3. Jahe dan Cabe Bubuk Untuk Mengobati Sakit Gigi

Anda pasti sangat familiar dengan dua rempah-rempah yang biasa ditemukan di dapur anda. Cara mengobati sakit gigi dengan dua bahan ini sangatlah mudah dan sederhana. Caranya: campurkan dua bahan ini dengan sedikit air, rendam dengan gulungan kapas kecil yang nantinya akan diselipkan pada bagian gigi yang sakit. Anda juga dapat mengunakan salah satu dari kedua rempah-rempah tersebut: keduanya merupakan rempah alami yang mampu mengobati sakit gigi. Namun, hindari bersentuhan langsung dengan gusi, yang mungkin akan membuat anda jengkel.

4. Gunakan Cairan Mur Untuk Mengobati Sakit gigi

Mur disini adalah sejenis getah aromatik dari sejumlah pohon kecil yang berduri yang biasa kita kenal dengan getah wangi atau getah mur. Anda dapat berkumur dengan cairan mur untuk meredakan rasa sakit gigi. Tanaman astringen ini selain menghancurkan bakteri juga mampu meredakan peradangan . Caranya adalah didihkan dua gelas air(500ml) dalam panci kecil dan campurkan satu sendok teh mur bubuk selama 30 menit. Saring dan biarkan dingin. Campurkan satu sendok teh cairan mur yang sudah disaring dalam segelas air(125ml) dan berkumur sebanyak lima atau enam kali sehari dengan larutan tersebut.

5. Teh Peppermint Untuk Meredakan Ngilu ketika Sakit Gigi

Selain enak dan menyegarkan, Teh peppermint juga mampu membantu mengurangi rasa ngilu saat anda sakit gigi. Caranya seduh teh peppermint dengan air panas dan biarkan hingga tidak terlalu panas, lalu berkumur dengan teh peppermint tadi dan keluarkan lalu ulang seperlunya sampai rasa sakit berkurang. Atau anda juga bisa menggunakan kantong teh pepermint yang dicelupkan tadi selagi masih hangat dengan cara menempelkan dibagian gigi yang sakit sampe rasa nyerinya hilang sebelum akhirnya anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi.

6. 3% larutan hidrogen peroksida

Untuk membunuh bakteri dan mengurangi roti gigi Anda, bilas mulut Anda dengan larutan hidrogen peroksida 3%. Perawatan ini dapat membantu, mungkin berguna jika Anda memiliki masalah dengan mulut Anda. Namun, seperti semua solusi lainnya, ini hanya tindakan sementara saat menunggu dokter gigi. Hati-hati jangan sampai menelan larutan: keluarkan dan bilas mulut Anda beberapa kali dengan air biasa.

7. Air Garam

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah dengan air garam. Caranya: larutkan satu sendok teh garam pada segelas air hangat dan kumur-kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik lalu buang. Larutan air garam bertindak sebagai disinfektan di area gigi yang sakit dan menyebabkan beberapa cairan yang menyebabkan pembengkakan keluar. Ulangi sesering yang diperlukan untuk meredakan sakit gigi sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter gigi.

8. Es Batu Untuk Meredakan Ngilu

Untuk mematikan saraf yang sakit, siapkan es batu dalam bungkus plastik lalu bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan ke bagian gigi yang sakit selama sekitar lima belas menit. Anda juga bisa menempelkan es batu dibagian pipi. Pastikan bahwa es itu sendiri tidak bersentuhan dengan gusi dan lakukan dengan gerakan yang terus menerus, karena menyebabkan terlalu banyak pendinginan, menyebabkan ketidaknyamanan atau roti.

9. Teh Hitam

Anda juga dapat menempelkan kantong teh hitam basah dibagian gigi yang sakit. Zat tanin pada teh hitam dapat membantu meredakan bengkak dan rasa sakit.

10. Pasta Gigi Untuk Gigi Sensitif

Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Produk semacam ini sangat efektif untuk orang yang gusinya ditarik kembali; itu mengurangi rasa ngilu yang disebabkan oleh kontak makanan panas atau dingin. Resesi gusi memiliki efek mengekspos dentin, bagian dari gigi di bawah email dan yang sangat sensitif.

11. Gunakan Sikat Gigi Yang Lembut

Gunakan sikat berbulu lembut; hal ini akan membantu menjaga jaringan gusi anda dan memperlambat proses resesi. Anda dapat membersihkan mulut tanpa merusak gigi atau gusi.

12. Akupresur Untuk Mengobati Sakit Gigi

Dengan melepaskan endorfin, hormon-hormon kesejahteraan, akupresur dapat membantu meredakan rasa sakit yag muncul saat anda mengalami sakit gigi. Dengan ibu jari Anda, tekan titik di pangkal ibu jari dan telunjuk anda dengan tangan yang lain. Tahan tekanan selama dua menit. Peringatan: latihan ini tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil.

13. Makanan Dingin

Dengan mengkonsumsi makanan dingin merupakan cara mengobati sakit gigi yang bisa anda lakukan juga dapat membantu meredakan nyeri gusi. Potong roti atau pisang, kemudian masukkan potongan-potongan itu ke dalam kantong plastik dan letakkan di dalam freezer. Pada setiap gigi anda merasa sakit, ambil sepotong susu beku atau roti pisang untuk dikunyah. Selain anestesi sementara yang diproduksi oleh dingin, kontak makanan dingin dengan gusi memberikan pijatan ringan yang dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri gigi.

Baca juga Jenis makanan untuk kesehatan gigi dan gusi

14. Minyak Essensial Chamomile Untuk Mengobati Sakit Gigi

Lakukan ua kali sehari, tuangkan satu atau dua tetes minyak chamomile pada kapas dan oleskan permen karet. Minyak biru ini memiliki efek menenangkan pada kulit dan selaput lendir yang iritasi di dekat gigi.

15. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Hindari makanan asam jika mereka menyebabkan sakit gigi setiap kali Anda duduk untuk makan. Makanan dan minuman asam dapat berkontribusi terhadap erosi dan sensitivitas gigi. Daftar makanan asam yang dikonsumsi dalam jumlah sedang termasuk soda, jus jeruk, dan anggur.

Pentingnya Segera Berkonsultasi Dengan Dokter Gigi

Apapun intensitas sakit gigi anda, rasa sakitnya tidak akan berlangsung lama apabila anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Selain itu juga anda akan terhindar dari risiko infeksi yang berbahaya.

Jika Anda tidak bisa atau tidak sempat untuk pergi berkonsultasi ke dokter, untuk sementara tanyakan kepada apoteker untuk merekomendasikan obat yang tepat untuk mengobati sakit gigi anda. Anda juga dapat menggunakan aspirin atau acetaminophen (Tylenol), sesuai saran apoteker.

cara mengobati sakit gigi

Sumber Utama Penyebab Sakit Gigi dan Gigi Sensitif

1. Sakit gigi dan gigi berlubang

Sakit gigi sering disebabkan oleh karies yang menyebabkan nyeri lokal. Sakit gigi yang Anda rasakan bisa diakibatkan oleh aksi bakteri di mulut yang memakan gula dan makanan bertepung yang melekat pada gigi dan gusi. Bakteri menghasilkan asam yang merusak gigi. Jika kerusakan ini mencapai saraf, itu adalah sakit gigi memastikan.

Karies gigi; penyakit infeksi gigi yang merusak struktur gigi dapat juga berasal dari masalah internal: demineralisasi, menopause, kondisi lingkungan yang buruk atau stres. Pada tahap awal kerusakan gigi, rasa sakit dirasakan ketika gigi bersentuhan dengan gula, dingin, panas, makanan asam atau ketika tekanan diberikan ke gigi. Namun, jika pulpa gigi tercapai, rasa sakitnya akan berkelanjutan dan terus menyerang, rasa sakitnya itu mengikuti denyutan pembuluh darah.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Gigi Berlubang 

2. Ulkus Oral

Persepsi sakit gigi juga bisa disebabkan oleh ulkus oral. Ulkus oral juga biasa disebut aphthous ulcer yang timbul sendiri atau berkelompok di bagian dalam mulut bibir dan pipi. Ulkus oral dapat ditemukan di bawah atau di pinggir lidah. Ulkus oral cepat terbentuk juga dapat mengakibatkan rasa nyeri. Namun, ulkus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu sampai dua minggu, akan tetapi akan terulang lagi beberapa kali dalam setahun. Meskipun terasa nyeri, apalagi saat anda makan atau berbicara, ulkus oral tidak menular. Namun, hal ini mungkin merupakan awal dari gejala gangguan yang mendasari seperti kanker mulut, kekurangan gizi, atau penyakit seksual menular.

3. Gingivitis Atau Radang Gusi

Dalam kasus gingivitis, gusi Anda menjadi merah atau pucat, rapuh dan bengkak. Anda mengalami rasa nyeri, dan meningkat karena gerakan lidah atau tenggorakan.

4. Periodontitis, Infeksi Gusi

Periodontitis atau infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang pada bagian penyangga gigi. Periodontitis memiliki gejala yang sama seperti gingivitis. Anda mungkin juga mengalami rasa sakit gigi dengan regresi tulang alveolar.

5. Apakah Gigi Anda Terasa Sakit Saat Bersentuhan Dengan Makanan Dingin Atau Panas?

Apakah hanya saat menggigit es krim yang menyebabkan gigi anda sakit? Atau ketika makan satu sendok sup panas? Ujung saraf yang terpapar bagi mereka yang memiliki gigi sensitif dirangsang oleh perubahan suhu yang tiba-tiba atau oleh makanan bergula. Bahkan menghirup udara dingin bisa menyebabkan rasa perih. Bisakah Anda minum air dingin atau minuman yang diberi es batu? Jika tidak, Anda mungkin menderita masalah sensitivitas gigi. Bicarakan tentang hal tersebut dengan dokter gigi Anda.

Memang benar bahwa siapapun dapat menderita sakit gigi karena alasan selain masalah dentin. Dan bahkan pekerjaan gigi normal dapat menghasilkan sensitivitas gigi sementara. Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi, retakan pada gigi, atau sinusitis. Setiap infeksi yang mempengaruhi akar pasti akan menyebabkan rasa sakit.

6. Gusi Bocor atau Pecah

Biasanya, gusi menutupi akar gigi. Dalam kebanyakan kasus gigi sensitif, rasa sakit berasal dari dentin yang terpapar sebagai akibat dari keausan semen, lapisan luar dari akar gigi atau bagian bawah gigi.

7. Gusi Ditarik Kembali

Jika gusi telah ditarik kembali, beberapa akar mungkin terpapar, menyebabkan semennya aus. Retraksi gusi terjadi secara bertahap, tetapi dapat diperburuk oleh penyakit gusi. Jika anda dapat melihat beberapa tanda dengan bercermin, misalnya gigi anda terlihat lebih panjang dan sedikit muncul di tepi gusi, dokter gigi anda akan dapat mengkonfirmasikannya dengan memeriksa mulut Anda.

8. Menyikat Gigi Terlalu Kuat

Jika Anda memaksa gigi maju mundur atau anda menyikat gigi anda terlalu keras, maka sudah pasti bahwa anda menggunakan bagian luar gigi anda. Ini dapat merusak enamel yang menutupi mahkota gigi serta semen yang menutupi akar.

Untuk mengetahui apakah hal tersebut berisiko merusak gigi dengan menyikat gigi, Anda dapat mengevaluasi teknik ini oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi Anda. Tunjukkan bagaimana menyikat gigi anda saat berhadapan dengan dokter, dan tunjukkan persis apa yang anda lakukan pagi atau sore hari.

9. Diet Terlalu Asam

Seperti yang dijelaskan di atas, permukaan luar gigi Anda juga dapat diserang oleh keasaman makanan dan minuman tertentu. Usahakan untuk mengonsumsi lebih sedikit dan minum minuman asam dengan sedotan untuk mengurangi kontak dengan gigi. Singkatnya, hindari semua makanan yang merusak gigi Anda.

10. Pemutihan Gigi Juga Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Apabila anda memutihkan gigi dengan produk yang telah anda peroleh dari dokter gigi Anda. Pada awalnya mungkin biasa saja, tetapi setelah beberapa lama hal tersebu bisa menyebabkan gigi anda terasa sakit. Beberapa orang menemukan bahwa pasta gigi untuk gigi sensitif membantu mereka. Bisa saja hal tersebut disebabkan anda terlalu banyak memasukkan agen pemutihan. Konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk mengidentifikasi sumber dan memperbaiki masalah.

11. Muncul Gigi Bungsu

Cobalah untuk menghilangkan rasa sakit, lalu minta bantuan dokter gigi Anda. Bilas mulut Anda dengan air hangat dan lakukan dengan lembut, bersihkan gigi anda dari sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi. Jangan menggosok gusi anda dengan aspirin atau pereda nyeri lainnya: ini dapat membakar jaringan. Jangan menunda untuk menemui dokter gigi. Nyeri adalah sinyal dan pertanda, terutama ketika rasa nyerinya datang secara tiba-tiba. Penyebab lain yang mungkin adalah infeksi.

12. Nyeri Berkaitan Dengan Gigi Bungsu Atau Daerah Sekitarnya

Gigi bungsu atau daerah sekitar gigi gerahamanda terasa sakit. Rasa sakit dan peradangan dapat menandakan adanya infeksi yang perlu diobati tanpa penundaan. Jagalah agar area tersebut sebersih mungkin; Kurangi rasa sakit dengan berkumur memakai air garam hangat. Hubungi dokter gigi Anda dan mintalah untuk membuat janji sesegera mungkin untuk mengidentifikasi sumber dan penyebab rasa sakit anda yang berhubungan dengan gigi bungsu atau daerah sekitarnya untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil.

13. Grinding Gigi Atau Menggertakan Gigi

Apabila nda sering bangun dengan sakit dibagian kepala atau sakit rahang yang laten, Anda bisa jadi mengotori gigi. Grinding gigi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif. Untungnya, ada solusi sederhana untuk masalah ini: dokter gigi Anda dapat memasang alat oral untuk melindungi gigi anda selama tidur.

14. Kebersihan Gigi Yang Buruk Dapat Menyebabkan Sakit Gigi

Sikat gigi dan bersihkan gigi setiap hari lalu pergi ke dokter gigi secara teratur. Kebersihan mulut yang baik sangat penting untuk mencegah gigi berlubang, untuk mencegah gusi bengkak dan melepuh, mencegah gigi sensitif dan sakit gigi.

Cara efektif mencegah kerusakan gigi dan sakit gigi

– Sikat gigi anda dengan hati-hati setiap selesai makan dan gunakan benang gigi atau tusuk gigi.

– Seimbangkan diet anda dan minum banyak air.

– Kurangi konsumsi gula.

– Kunyah makanan dengan baik.

– Ikuti saran dari dokter gigi untuk memastikan anda memiliki kebersihan gigi yang baik.

– Konsultasikan dengan dokter gigi Anda setidaknya setahun sekali untuk membersihkan gigi dan pemeriksaan mulut. Dokter gigi akan dapat menentukan frekuensi pertemuan tergantung pada status kesehatan mulut Anda.

Aksesibilitas Perawatan Gigi Jika Sakit Gigi Terjadi

Perawatan gigi bisa sangat mahal. Beberapa klinik gigi dan layanan kesehatan umum dapat memberi anda informasi di mana menemukan klinik gratis untuk anak-anak dan remaja, manula, orang dewasa dengan kemampuan ekonomi yang pas-pasan.

Beberapa bantuan sosial daerah dan program yang berkaitan dengan kesehatan gigi yang memungkinkan anda dan anak-anak anda mengunjungi dokter gigi pilihan anda dengan biaya kecil atau gratis, meskipun ini tidak termasuk semua layanan. Selain itu, cari perawatan gigi yang menawarkan perawatan bersubsidi.

Kesimpulannya

Apapun cara mengobati sakit gigi yang anda lakukan untuk meringankan sakit gigi Anda, konsultasikan dengan dokter gigi anda sesegera mungkin. Cara mengatasi sakit gigi alami yang dibahas diatas hanya sebagai pertolongan pertama, tetapi dokter gigi yang lebih dapat mengidentifikasi penyebab sakit gigi anda. Ada kemungkinan besar anda perlu perawatan. Jika Anda tidak mengikuti perawatan yang direkomendasikan oleh dokter gigi, masalah anda mungkin saja akan memburuk.

Summary
Article Name
Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan 15 Solusi Alami Terbaik Berikut ini
Description
Apakah Anda sakit gigi? Cobalah pengobatan alami terbaik dan pengobatan rumah paling efektif sebagai solusi cara mengobati sakit gigi anda!
Author
error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali