simple hit counter

Keracunan Makanan?? Berikut Cara Mengatasinya

Keracunan makanan yang terjadi pada seseorang terkadang membuat panic sejumlah orang yang berada didekatnya. Mereka bingung mau melakukan apa sabagai bentuk pertolongan pertama. Keracunan ini bisa saja dialami oleh siapa saja karena memang kita tidak mengetahui apakah makanan yang kita konsumsi benar-benar besih dan sehat. Apalagi jika makanan tersebut sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh. maka dari itu anda harus lebih teliti dan selektif dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi. Bahkan makanan dan minuman mewah dan mahal pun tidak bisa menjanjikan jika itu tidak mengandung racun. Racun yang terdapat pada makanan atau minuman yang kita konsumsi akan diserap oleh tubuh dan kemudian menyebar. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa sakit perut dan sakit kepala. Jika ini termasuk dalam racun yang berbahaya, ini bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Maka dari itu pastikan makanan yang anda konsumsi terbebas dari racun.

Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan

Yang perlu anda ketahui adalah apa yang menjadi penyebab orang bisa mengalami keracunan makanan. Menurut mereka makanan yang mereka konsumsi bersih dan tidak berbahaya. Jika kita lihat, keracunan disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme, bakteri ini biasanya terdapat pada makanan-makanan tertentu. Jika makanan ini tidak diolah dengan benar maka bakteri ini tidak akan mati dan terus berkembang. Selain itu keracuanan ini juga bisa disebabkan oleh adanya kontaminasi antara makanan dengan hal-hal yang buruk. Mungkin juga bisa disebabkan oleh masa kadaluarsa yang sudah berlalu, maka dari itu perlu sebuah ketelitian dalam memilih produk makanan atau minuman yang akan kita konsumsi sehingga keracunan bisa kita hindari.

Bakteri Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan

Bakteri penyebab keracunan makanan ternyata sangat banyak sekali, ada sekitar 250 jenis bakteri atau mikroorganisme yang kurang bersahabat dengan kesehatan. Namun yang sangat populer hanya ada 2 jenis bakteri saja yaitu clostridium botulinum dan salmonella gastro. Bakteri jenis Clostridium Botulinum adalah jenis bakteri yang mampu menghasilkan racun yang bisa menyebar hingga ke seluruh otot. Efek yang ditimbulkan oleh bakteri ini adalah mual, muntah dan kram pada perut. Bakteri jenis ini banyak terdapat pada makanan kaleng. Sedangkan untuk Salmonela Gastro adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan demam tifoid, bahkan bakteri ini mampu menyebar pada manusia juga hewan. Bakteri jenis ini banyak terdapat pada makanan seperti daging merah, daging unggas, susu dan telur. Jika anda mengalami infeksi bakteri ini anda biasanya akan mengalami mual, kram perut dan diare. Maka dari itu perhatikan cara pengolahan makanan-makanan yang banyak terdapat bakteri didalamnya.

Cara Mengatasi Keracunan Makanan

Sebagai bentuk pertolongan pertama pada penderita keracunan makanan bisa dilakukan dengan minum air kelapa muda. Pertolongan pertama ini baik dilakukan untuk mencegah agar penyebaran racun tidak bertambah parah. Air kelapa muda sangat efektif dalam melawan racun. Selain itu sebagai bentuk pencegahan terhadap keracunan, anda bisa melakukannya dengan memasak makanan dengan suhu tinggi sehingga benar-benar matang dan bakteri yang terdapat didalamnya mati.

Maka dari itu lakukan hal-hal yang bisa menghindarkan anda dari bakteri yang merugikan tersebut, yaitu bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali