Beberapa Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Diposting pada

Jenis-jenis Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita – Keputihan sering dialami oleh sebagian wanita, terutama pada saat menstruasi hari pertama atau sesudahnya. Akan tetapi, jika hal tersebut biasa terjadi yang merupakan suatu kewajaran jangan dibiarkan saja, karena keputihan juga tidak baik dan sangat berbahaya bagi kesehatan lain. Hal tersebut sangat berpengaruh pada masalah organ intim yang tidak akan nyaman.

keputihan pada wanita

[artikel number=3 tag=”diet” ]

Di samping itu, makanan sehari-hari yang dikonsumsi tanpa sengaja ternyata semua itu adalah penyebab dari keputihan. Mungkin sebagian orang akan mengatakan mitos karena belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Akan tetapi sebagian wanita percaya, seperti jenis makanan berupa timun, bengkoang atau jenis makanan yang bergetah lainnya yang termasuk menimbulkan gejala keputihan. Lantas, apa saja makanan penyebab keputihan pada seorang wanita? Simaklah dengan baik- baik.

Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Makanan yang Mengandung Gula

Mengonsumsi jenis makanan yang terkandung karbohidrat berlebihan akan memicu meningkatnya jamur di area kewanitaan. Biasanya gula mengandung karbohidrat, jadi anda sebaiknya menjauhi makanan atau minuman yang manis, seperti donat, permen, minuman bersoda dan buah-buahan yang mengandung glikemik atau kadar gula tinggi seperti anggur dan pisang. Hal ini dikarenakan gula bisa menambah perkembangan jamur di tubuh anda. Jika anda mengkonsumsi gula dalam jumlah yang lebih, maka jamur candida albicans dapat tumbuh subur di vagina.

Makanan yang Mengandung Ragi

Makanan penyebab keputihan selain gula adalah makanan yang mengandung ragi. Makanan ragi tersebut merupakan makanan yang diproduksi dari proses fermentasi. Nah, tentunya makanan yang difermentasi akan membutuhkan bakteri. Jadi, bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya keputihan, bukan? Oleh sebab itu, anda membatasi atau lebih baik menghindari makanan yang mengandung ragi, misalnya adalah jamur, minuman bir, pasta tomat serta jenis keju.

Makanan Gorengan

Makanan gorengan sebenarnya tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena banyak mengandung lemak jenuh. Hal tersebut juga akan menimbulkan wajah berjerawat dan keputihan pada bagian kewanitaan. Karena karbohidrat yang terkandung dalam tepung yang digunakan dalam pembuatannya dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Buah yang Dikeringkan

Buah yang dikeringkan banyak mengandung kadar fruktosa tinggi. Sehingga hal tersebut akan menjadikan tumbuhnya bakteri yang semakin membesar sekaligus tidak terkendali. Apabila anda mengonsumsinya secara terus – menerus, tidak heran jika hal ini akan dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri dan jamur di area kewanitaan sebagai penyebab keputihan.

Buah Nanas

Buah nanas ternyata salah satu buah yang bisa memproduksi lendir di organ kewanitaan secara berlebih. Jika anda mengonsumsi buah nanas terlalu banyak, maka akan menambah jumlah asam terlalu banyak pada lambung. Ketika asam lambung meningkat akibat reaksi tersebut bisa jadi sebagian bakteri aktif, sehingga akan menimbulkan busuknya makanan pada lambung dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh dalam bentukk lendir melewati vagina. Nah, lendir itulah yang disebut adanya keputihan.

Demikan jenis makanan yang dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Selain disebabkan karena makanan, keputihan juga disebabkan oleh andanya bakteri atau jamur, untuk itu anda harus menjaga kebersihan di dearah kewanitaan setiap hari.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...