simple hit counter

5 Cara Paling Efektif Mengobati Telinga Berair Secara Alami!

Sehatpintar – Telinga berair tidak boleh dianggap sepele. Hal ini bisa disebabkan karena virus dan bakteri yang ada didalam lubang telinga. Kotoran yang menumpuk juga menyebabkan masalah satu ini. Telinga yang berair ini juga bisa disebabkan karena lubang telinga mengalami luka dan peradangan sehingga menghasilkan nanah atau cairan berwarna keruh yang keluar lewat telinga. Mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah dengan beberapa bahan-bahan alami disekitar kita yang kandungan anti bakterinya sangat ampuh mengatasi telinga berair.Sering membersihkan telinga pun bisa menyebabkan masalah ini. hal ini karena dinding telinga menjadi sensitif sehingga minyak dari dalam akan keluar dan menyebabkan iritasi. Selain batuk dan pilek yang berkepanjangan pun bisa membuat cairan tersebut masuk ke saluran telinga melalui eustachius. Penyebab telinga berair sangat beragam sehingga perlu anda ketahui terlebih dulu. Kenali apa penyebab dan bahaya telinga berair dan cobalah lakukan antisipasi dengan mengobati telinga yang berair secara alami .

cara mengobati telinga berair

Cara Efektif Mengobati Telinga Berair

Berikut ini adalah beberapa cara efektif mengobati telinga berair dengan alami, diantaranya yaitu:

Menggunakan minyak zaitun dan minyak bunga mullein

Kedua minyak tersebut bisa menjadi pilihan alami untuk obat tetes telinga. Formula alami yang dimiliki minyak zaitun ini efektif mengikis pertumbuhan bakteri penyebab telinga berair. Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dan bunga mullein dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu baru bisa digunakan untuk obat tetes telinga. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi telinga berair baik untuk orang dewasa ataupun bagi anak-anak.

Menggunakan daun kemangi

Gunakan sari daun kemangi dengan pipet untuk membersihkan telinga anda. cara mengambil sari daun beraroma wangi ini dengan mencucinya terlebih dulu kemudian haluskan serta peras airnya. Cara ini relatif aman dan tanpa efeksamping bahkan jika digunakan untuk anak-anak. kandungan anti bakterinya efektif mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab telinga berair.

Menggunakan air garam

Air garam juga bisa menjadi andalan zat anti bakteri khusus menangani telinga sakit yang berair. Larutkan garam secukupnya dengan air hangat. Kemudian teteskan ke masing-masing telinga secara bergantian. Air garam berfungsi melarutkan kotoran penyebab telinga berair sehingga mudah dikeluarkan. Lakukan secara teratur agar telinga yang berair bisa diatasi hingga tuntas.

Menggunakan handuk hangat

Handuk hangat berfungsi memancing air didalam telinga untuk keluar dan meresap kedalamnya. Rendam handuk kecil kedalam air hangat kemudian peras hingga airnya tidak terlalu banyak dan diamkan sebentar. Tempelkan handuk tersebut ke lubang telinga yang berair. Handuk hangat ini akan merangsang air keluar dan terserap sempurna kedalamnya.

Menggunakan cotton bud

Gunakan cotton bud yang tidak mudah lepas sehingga tidak memungkinkannya tertinggal di lubang telinga. Olesi cotton bud dengan baby oil kemudian masukan secara perlahan ke lubang telinga. Ingat jangan sampai memasukan benda ini hingga mengenai gendang telinga. Cara ini efektif mengangkat gumpalan kotoran serta membuatnya melunak. Anda bisa menarik kotoran penyebab iritasi secara cepat.

Dengan berbagai bahan alami dan cara yang mudah, telinga berair pun bisa anda atasi hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali