simple hit counter

9 manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita

Sehatpintar – Pada kesempatan kali ini Sehatpintar akan membahas mengenai manfaat air putih. Yang saya yakin anda semua pasti telah akrab dengan obyek kita kali ini. Tapi, pastilah kita tidak bisa mengelak bahwa kenyataannya banyak di antara kita yang kurang mengerti dan memahami manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi air putih.

Hampir semua orang pasti pernah mendengar “minum air putih yang banyak, delapan gelas sehari!”

Sebagian orang akan melakukannya dan percaya manfaat air putih untuk kesehatan, meski belum tentu tahu detailnya. Dan sebagian lagi lebih konsen untuk memikirkan dampak minum air putih dengan jumlah banyak seperti sering ke kamar kecil sehingga dirasa merepotkan. Daripada mengambil manfaat air putih untuk kesehatan yang jauh lebih besar dari sekedar “repot ke kamar kecil”.

Jika begitu, bilamana kita tengok mengapa air putih bisa begitu berharga dan dianjurkan untuk kesehatan tubuh kita?

Jika kita mengkonsumsi air putih kurang dari anjuran kesehatan (8 gelas sehari), efek yang ditimbulkan bagi tubuh tidak dapat kita lihat dan rasakan secara langsung. Sebagai “solusinya”, secara otomatis tubuh akan mengambil cairan dari jaringan tubuh lain untuk menyeimbangkan air dalam seluruh jaringan tubuh. Di antaranya dari darah.

Kekurangan air putih berpengaruh untuk peredaran darah dan sangat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, peredaran darah sebagai alat transportasi untuk oksigen dan zat-zat makanan pun akan terganggu. Coba anda bayangkan mesin motor dengan oli yang terlalu kental dan tak layak pakai, seperti anda mengisi motor anda bukan dengan oli tetapi dengan gemuk, seperti apa akibatnya.

Kemudian perlu diingat, bahwa darah juga perlu dibersihkan oleh organ ginjal. Ginjal berfungsi sebagai filter (penyaring) yang memiliki jala-jala yang sangat halus untuk membersihkan darah dari racun, kotoran dan oksidan. Dan jika ginjal harus menyaring darah yang terlalu kental maka ginjal harus bekerja ekstra keras.

Sangat mungkin dengan keadaan yang demikian jalam jangka waktu relatif panjang, ginjal akan mengalami kerusakan. Sehingga untuk tetap mununjang fungsi penyaringan darah diperlukan donor ginjal atau pencucian darah eksternal (hemodialisis).

Itu pengaruh kurang air putih terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga, jika kekurangan air, fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. So, janganlah kita sampai kekurangan air!

Baiklah, sekarang mari kita bahas manfaat air jika dikonsumsi dengan baik secara lebih luas. Berikut penjelasannya

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini 9 manfaat air putih untuk kesehatan, setelah membaca ini diharapkan anda akan mengerti betapa pentingnya air bagi tubuh kita. Bukan saja menyegarkan dan sehat bila diminum, air putih juga bermanfaat untuk kesehatan yang dapat diperoleh dengan mandi atau berendam.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Metabolisme tubuh juga akan stabil baik sehingga pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Menyehatkan Dan Melindungi Fungsi Ginjal

Air dapat men-supply cairan ke seluruh tubuh dengan baik bila konsumsinya cukup, sehingga sel-sel tubuh dan darah tidak akan mudah terjangkit virus luar maupun terjadi kanibalisme dalam sel tubuh sendiri (kanker) akibat kekurangan cairan dalam tubuh, terlebih untuk darah. Kemudian seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, dengan air yang cukup kerja ginjal tidak akan terlalu diforsir, dan bila darah tidak kental, kemungkinan terjadinya endapan yang menyebabkan batu ginjal juga dapat diminimalisasi.

Menjaga kulit tetap lembab dan sehat

Bila kita kekurangan minum air putih, maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, dan juga menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Untuk menjaga agar selalu cantik, kebersihan tubuh harus senantiasa diperhatikan, dengan anjuran minum air putih 8 – 10 gelas setiap hari.

Meningkatkan Produksi Hormon

Air juga mampu membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Dari hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosis yang bertempat di London, Inggris, apabila  seseorang membiasakan mandi dengan air dingin maka hal itu akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan tubuh pun menjadi terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan menggunakan air dingin mampu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh juga  meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus.

Pelu kita ketahu, mandi dengan menggunakanair dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron untuk pria dan hormon estrogen pada wanita. Hal tersebut menjadikan kesuburan serta gairah seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit akan menjadi lebih baik, kuku lebih sehat dan kuat, tidak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi, sekarang saatnya untuk mulai merubah kebiasaannya…

Menyembuhkan Penyakit – Terapi Air Putih

Manfaat air putih lainnya adalah diyakini dapat membantu dalam pengobatan untuk menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan pada kulit, penyakit saluran napas, usus, dan penyakit kewanitaan.

Saat ini sudah banyak sekali pengobatan alternatif yang memanfaatkan khasiat air putih yaitu dengan terapi air putih.

Melancarkan Peredaran Darah

Air, Terutama air panas tidak hanya digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit, akan tetapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut akan membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Dampak suhu panas membantu pelebaran pembuluh darah, juga meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan oksigenisasi jaringan, hal tersebut mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri, dan juga menjadikan pikiran lebih tenang.

Terlebih apabila air yang digunakan yaitu air yang mengandung asam lemah (belerang). Air panas belerang memiliki kandungan ion-ion khlor, hidrogen karbonat, magnesium dan sulfat yang sangat membantu pelebaran pembuluh darah yang meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

Meningkatkan Produktivitas

Siapa yang pernah mengalami saat-saat genting, takut, kacau, kalut, emosional, marah-marah gak jelas? Lalu tiba-tiba ada yang menyarankan untuk minum dulu biar tenang? Nah seperti dalam film-film, saya pastikan setiap ada adegan semacam itu, pasti ada yang menawarkan segelas air putih agar orang yang tadinya penuh emosi jadi lebih tenang. Nah, ternyata memang bisa seperti itu keadaannya. Dengan banyak minum air putih biasa, ternyata dapat menenangkan jiwa yang bergejolak. Disebutkan bahwa ketika jiwa, pikiran dan perasaan seseorang dalam kondisi “pumping” atau mengalami “pulse” baik naik atau turun, maka tubuh akan terasa lebih panas. Nah, fungsi air putih diibaratkan seperti “coolant” pada mobil, yang berfungsi sebagai pendingin dan penstabil kondisi tubuh.

Mengatasi Badan Pegal

Mungkin juga anda semua pernah mandi di bawah shower, air terjun nah apa yang anda rasakan? Apakah anda semua merasakan sensasi dipijat lembut dan dan berkesinambungan? Lalu apakah dengan sensasi tersebut menjadikan tubuh lebih ringan, rilex? Ya, saya sendiri pernah mengalami. Sensasi mandi shower atau air terjun dpaat mendatangkan efek pijatan yang teratur, terlebih jika air hangat. Ditambah lagi dengan suara gemericik air terjun berjatuhan di sekitar kita, makin damailah hati kita.

Otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Disaat kaki terasa pegal maka dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Anda punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

Menguruskan Badan – Diet Sehat Dengan Air Putih

Bagi anda yang ingin cepat kurus, maka dengan minum air hangat sebelum makan (sampai merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Hal itu disebabkan air tidak memiliki kandungan kalori, gula, ataupun lemak. Dan yang paling tepat adalah dengan minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Mau kurus?, Diet sehat dengan air putih saja. Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran yang terdapat dalam tubuh sehingga akan lebih cepat keluar lewat urine.

Manfaat air putih tak hanya untuk membersihkan tubuh saja selain itu juga berfungsi sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Anda mungkin mampu untuk bertahan hidup dengan tanpa makan selama beberapa hari daripada tanpa minum air. Karena air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Nah itulah tadi ulasan singkat mengenai manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat

 

error: Content is protected !!
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali