simple hit counter

Penyebab Gigi Kuning; Makanan, Minuman, Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi kuning

SehatpintarPenyebab gigi kuning memang bermacam-macam. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang bisa menimbulkan plak pada gigi misalnya teh, kopi, rokok dan lainnya. Jika anda merasa sudah gosok gigi dengan teratur namun warna gigi tetap saja kusam atau kuning, jangan menyalahkan pasta gigi anda, namun lebih berintrospeksi diri, apakah makanan yang anda konsumsi atau sesuatu yang anda lakukan itu sudah mendunkung dalam mengubah warna gigi.

Berikut ada beberapa hal, yang biasa kita lakukan, dan tanpa sadar hal-hal inilah yang menjadi penyebab gigi kuning.

Penyebab gigi kuning
Menutup mulut karena gigi kuning – ilustrasi gambar

1 Membuka Kemasan Dengan Gigi

Kebiasaan ini pasti pernah kita lakukan. Kondisinya biasanya adalah saat kita mencari gunting atau pemotong lainnya namun tidak menemukannya akhirnya cara yang paling cepat adalah dengan menggunakan gigi. Meskipun gigi anda ini kuat, namun kebiasaan ini akan berdampak kurang bagus pada gigi sehingga bisa membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Jika hal ini terjadi maka tidak menutup kemungkinan gigi anda akan berunbah warnanya menjadi kusam atau kuning, ini pertanda bahwa gigi anda kurang sehat.

2 Minuman Berenergi

Sebagian besar orang untuk meningkatkan stamina dan energinya memilih cara yang instan yaitu dengan mengonsumsi minuman berenergi. Ketika kita beraktivitas pastinya banyak sekali energy dan garam yang kita habiskan, maka dari itu minuman bernergi tersusun dari gula dan asam, dengan kandungan zat ini energy yang anda miliki akan cepat pulih. Namun pemilihan minuman minuman yang seperti ini lebih bersifat korosif sehingga mampu merusak dan mengikis gigi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh University of Birmingham bahwa zat kimia yang terkandung dalam minuman bernergi lebih bersifat korosif daripada air mineral.

3 Merokok Menjadi Penyebab Gigi Kuning Paling Umum

Rokok memang tidak memiliki manfaat yang berarti bagi penggunanya. Yang ada hanyalah sebagai perusak kesehatan baik yang ringan hingga yang berat. Salah satu dari efek rokok adalah menguningnya gigi. Rokok mengandung nikotin yang menyebabkan ruang mulut menjadi asam, sehingga bisa menyebabkan korosi pada gigi. Nikotin yang ada pada rokok itu akan terikat pada elemen gigi dan menempel pada permukaan gigi, sehingga tidak heran jika para pecandu rokok lebih cenderung memiliki gigi yang kusam atau menguning. Maka dari itu rokok menjadi salah satu penyebab gigi kuning.

4 Kebiasaan Menyikat Gigi Setelah Makan Yang Manis

Sikat gigi memang bagus untuk menjaga kesehatan gigi namun jika waktunya kurang tepat ini malah akan merusak gigi salah satunya adalah menguningnya gigi. Maka dari itu, ini bisa saja menjadi penyebab gigi kuning. Manis memang sangat identik dengan bakteri, saking takutnya ada bakteri yang menempel anda langsung menyikatnya. Namun ternyata cara ini salah, setelah mengunyah sesuatu mulut lebih cenderung bersifat asam, tanpa anda harus menyikat gigi, secara otomatis gigi akan menetralisir keadaan ini dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Namun jika anda segera menyikat gigi maka enamel ini akan hilang sehingga bakteri malah bebas untuk berkembang. Maka dari itu, sebaiknya anda baru menyikat gigi setelah 1 jam.

5 White Wine Menyebabkan Gigi Kuning

Jika anda berpikir sesuatu yang berwarna dapat merusak warna putih pada gigi. Mungkin ini tidak berlaku untuk wine, white wine ternyata memiliki pengaruh yang lebih buruk dalam hal mengikis gigi ketimbang red wine. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Dr. Paul Ashley, director institusi kesehatan gigi di University College Hospitals, dia mengatakan bahwa anggur putih lebih cepat mengikis gigi. Maka dari itu white wine bisa menjadi penyebab gigi kuning.

6 Pemutih Gigi

Salah penyebab gigi kuning adalah adanya penggunaan pemutih gigi. Banyak orang ingin mempunyai gigi yang putih dengan menggunakan pemutih gigi. Namun ternyata ini kurang efektif karena cara kerja dari pemutih gigi adalah dengan mengerosi gigi sehingga secara otomatis gigi menjadi lebih tipis dan rapuh. Memang hasil yang anda dapatkan adalah gigi menjadi putih, namun itu tidak akan bertahan dalam waktu yang lama, karena gigi yang rapuh akan lebih cepat menguning.

7 Berenang “Air Kolam” Penyebab Gigi Kuning

Berenang memang sangat bagus untuk kesehatan, karena pada dasarnya semua olahraga itu baik untuk kesehatan, begitu juga dengan berenang. Namun efek samping yang ditimbulkan gigi yang menguning, hal ini terjadi karena adanya kandungan klorin dalam air kolam, klorin dalam mulut akan lebih bersifat asam sehingga korosi lebih mudah terjadi. Berdasarkan penelitian terhadap 500 orang perenang, 66% dari mereka mengalami kerusakan gigi, salah satunya adalah gigi menjadi kuning. Maka dari itu sangat disarankan agar anda menggosok gigi setelah berenang. Jangan sampai berenang menjadi salah satu penyebab gigi kuning.

8 Efek Samping Obat Tetes Mata

Salah satu penyebab gigi kuning adalah penggunaan obat tetes mata. Mungkin anda bertanya, apa hubungannya obat tetes mata dengan menguningnya gigi. Zat yang terkandung dalam obat tetes mata ini bekerja dengan menekan produksi saliva, sehingga produksinya lebih cenderung berkurang padahal saliva sangat efektif dalam menetralkan sifat asam dalam mulut. Jika produksi saliva menurun maka secara otomatis bakteri dalam mulut akan lebih mudah berkembang biak.

9 Efek Negatif Teh Herbal Menjadi Penyebab Gigi Kuning

Bagi mereka yang ingin melakukan program diet memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh herbal. Manfaat yang dihasilkan sungguh luar biasa, tubuh menjadi lebih bugar, langsing dan sehat. Namun dari manfaat itu ternyata ada efek negatifnya. Teh herbal ternyata tidak begitu bersahabat dengan kesehatan gigi, karena mereka yang biasa mengonsumsi teh herbal giginya lebih cenderung menguning. Menanggapi hal itu, peneliti di Jepang menyarankan agar mereka beralih ke teh hijau karena teh ini mengandung katekin, dimana zat ini sangat berperan dalam menekan bakteri yang memproduksi asam sehingga gigi yang kuning bisa anda hindari. Dengan begitu teh hijau tidak akan menyebabkan gigi kuning.

baca juga: Cara Memutihkan Gigi

Itulah tadi 9 kebiasaan yang biasa kita lakukan yang menjadi penyebab gigi kuning. Pastikan kita selalu memperhatikan makanan yg kita makan begitu juga kebiasaan lainnya yang dapat berpengaruh sehingga membuat gigi anda menjadi kungin. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan menjaga kesehatan gigi!

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali