8 Makanan Sehat Untuk Jantung

Diposting pada

Makanan Sehat Untuk Jantung – Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi manusia, karena jika jantung berhenti bergerak itu artinya manusia sudah meninggal. Maka dari itu kita wajib menjaga dan merawat kesehatan jantung kita agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu upaya kita untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, sekaligus cara menyimpan makanan tersebut agar kita tidak kehilangan nutrisinya.

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemakDaging merupakan makanan yang banyak nutisinya. Namun yang perlu anda perhatikan adalah jangan asal konsumsi daging saja karena ini malah akan membahayakan kesehatan jantung anda. Selain kandungan protein tinggi daging juga mengandung lemak sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan ini sangat berbahaya terhadap kesehatan jantung kita. Daging yang kita maksud disini adalah daging yang tanpa lemak. Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak sebanyak 4 hingga 6 ons setiap hari bisa membuat jantung anda lebih sehat karena daging mengandung zat besi, zinc, vitamin B. Daging tanpa lemak ini sangat cocok jika olah menjadi steak, ini biasa disebut dengan tenderloin.

Tips Menyimpan
Untuk menyimpan daging tanpa lemak agar nutrisinya tidak berkurang adalah dengan memilih daging segar dari pemotongan hewan kemudian cuci hingga bersih dan simpan dalam freezer, jangan lupa untuk membungkusnya menggunakan plastic wrap.

2. Sayur Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau
Sayur merupakan makanan empat sehat lima sempurna. Maka dari itu sayur wajib masuk dalam menu harian anda. Sayuran berdaun hijau yang merupakan makanan sehat untuk jantung diantaranya bayam, kangkung atau daun lobak. Jika anda mengetahui kandungan yang ada didalamnya mungkin anda akan bilang bahwa sayuran ini adalah sayuran yang menakjubkan. Sayuran hijau banyak mengandung zat besi, vitamin C, kedua zat ini sangat bagus untuk tulang, gigi dan rambut, sedangkan vitamin A dan magnesium mampu menjaga mood anda tetap bagus. Semua nutrisi ini sangat baik untuk jantung. Untuk mendapatkan nutrisi dalam sayuran anda jangan mengolahnya terlalu lama, dan agar anda tidak bosan terhadap menu ini anda bisa memberikan sedikit variasi agar lebih menarik dan lezat.

Tips Menyimpan
Dalam menyimpan sayuran agar anda tidak kehilangan nutrisinya adalah dalam lemari pendingin, biasanya ini bisa bertahan hingga 1 minggu, jika anda ingin lebih lama lagi anda bisa menyimpannya dalam freezer, ini bisa tahan hingga 3 bulan dan jangan lupa untuk memilih sayuran yang masih segar.

3. Coklat

Cokelat untuk jantung sehat
Sebagian besar orang berpikir kalau coklat itu tidak baik untuk kesehatan terutama pada gigi dan berat badan. Itu tidak salah, namun coklat yang kita maksud disini bukanlah coklat yang biasa anda konsumsi, dengan rasa manis nan lezat, coklat disini adalah dark chocolate. Zat dalam coklat ini mampu memperbaiki mood anda dan merupakan makanan sehat untuk jantung apabila dikonsumsi. Hasil penelitian di University of Scranton di Pennsyvania menyatakan bahwa kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan dengan anda mengonsumsi dark chocolate sebanyak 6 ons setiap hari. Untuk dark chocolate anda bisa langsung memakannya.

Tips Menyimpan
Biasanya chocolate memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama, anda bisa menyimpannya ditempat yang kering dan jauhkan dari sumber panas agar coklat tidak meleleh.

4. Brokoli

Brokoli merupakan makanan sehat untuk jantung
Brokoli merupakan sayuran yang banyak digemari oleh sebagian besar orang. Ini biasanya diolah menjadi capcay atau makanan lainnya. Brokoli merupakan makanan sehat untuk jantung, brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, zat ini mampu mengurangi stress dan kepanikan. Untuk mendapatkan nutrisi yang optimal anda bisa mengolah brokoli dengan cara merebus atau mengukusnya sebentar saaja kemudian tambahkan perasan lemon, ekstra virgin olive oil. Jika anda menyukai rasa pedas anda bisa menambahkan bubuk cabai diatasnya.

Tips Menyimpan
Brokoli segar yang baru anda beli bungkus dengan plastic wrap kemudian simpan dilemari pendingin. Jika anda menginginkan ini tahan lebih lama anda bisa merebusnya terlebih dahulu pada air yang sudah diberi sedikit garam selama 3 hingga 4 menit, saring dan masukkan dalam wadah kemudian masukkan dalam freezer. Cara penyimpanan seperti ini mampu bertahan hingga 2 bulan.

5. Blueberry

Blueberry - Makanan Sehat untuk jantung
Blueberry merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Namun tidak hanya blueberry hampir semua buah segar baik untuk jantung. Hanya saja blueberry mengandung antioksidan dan vitamin C yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya, maka dari itu blueberry bisa menjadi pilihan utama bagi anda. zat yang terkandung dalam buah ini mampu mengatasi stress dan baik untuk jantung anda. selain itu buah ini juga sangat rendah akan kalori. untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat anda bisa memakannya secara langsung atau dengan menambahkan yoghurt sehingga menjadi minuman smoothy.

Tips Menyimpan
Anda cukup menyimpannya dalam lemari pendingin saja, namun jangan lupa, pilih blueberry yang masih segar.

6. Asparagus

Asparagus untuk kesehatan jantung
Makanan yang satu ini cukup terkenal, dan banyak sekali yang menggemarinya. Asparagus biasa diolah menajdi sup asparagus. Asparagus sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda karena banyak mengandung folate, vitamin C dan vitamin D. Dengan kandungan itulah radang jantung bisa dihindari. Selain itu asparagus juga rendah akan kalori yang sangat identik dengan kolesterol. Cara mengolahnya adalah dengan merebusnya saja, tambahkan sedikit minyak zaitun, air lemon, agar lebih nikmat anda bisa menambahkan parmesan cheese yang sudah dilembutkan.

Tips Menyimpan
Asparagus bisa disimpan dialmari biasa, namun agar lebih tahan lama dan segar anda bisa menyimpannya dilemari pendingin.

7. Almond

Almond untuk kesehatan jantung
Almond merupakan makanan ringan yang baik dan sehat untuk jantung. Kacang ini banyak mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc. Semua zat inilah yang akan membuat jantung anda bertambah sehat. Selain itu juga bisa memperbaiki mood anda yang sedang tidak baik. Dalam mengonsumsi almond anda juga bisa menambahkan dalam oatmeal yang anda buat sarapan setiap hari, karena mengonsumsi almond ¼ cangkir setiap hari lebih menyehatkan daripada anda mengonsumsi keripik.

Tips Menyimpan
Anda bisa membeli almond panggang yang tanpa tambahan apapun, seperti garam atau yang lainnya kemudian simpan di temapt atau wadah yang kedap udara. Dengan begitu kacang almond tidak akan mudah rusak.

8. Kacang Merah

Kacang merah
Kacang memang mengandung lemak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat. dengan sistem yang seperti itu kacang merupakan makanan sehat untuk jantung. Selain itu makanan seperti kacang-kacangan memang banyak mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat sup. Makanan olahan kacang merah yang terkenal adalah sup merah, dengan tambahan tomat, wortel, seledri dan sedikit merica akan memberikan rasa yang lezat bagi anda.

Tips Menyimpan
Simpan kacang dalam wadah atau tempat yang kedap udara dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jangan lupa untuk memilih kacang merah yang sudah dikeringkan.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...