5 Gejala Menopause Pada Wanita Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Gejala Menopause Pada Wanita Yang Jarang Diketahui – Semua wanita pasti akan mengalami menopause. Siklus yang satu ini akan terjadi seiring bertambahnya usia. Biasanya wanita yang sudah memasuki usia 40 tahunan akan lebih dekat ke periode ini. siklus menstruasi akan berhenti secara fisiologis karena usia dan faktor produksi hormon estrogen yang berkurang. Namun menopause ini tidak terjadi begitu saja. ia akan memberi sinyal dengan berbagai gejala-gejala namun sayangnya belum banyak yang mengetahuinya.

Seringkali gejala menopause ini dianggap sebagai hal biasa padahal merupakan pertanda bahwa usianya sudah mendekati periode ini. biasanya sebelum terjadi menopause wanita akan mengalami perubahan hormon dan kuantitas darah menstruasi secara signifikan. Produksi mineralisasi didalam tulang akan terpengaruh dan osteoklas pun akan aktif sehingga menyebabkan jumlah estrogen menurun. Kenali gejala-gejala menopause berikut ini agar anda tidak kaget jika mengalaminya nanti.

[artikel number=3 tag=”gejala-penyakit” ]

Gejala Menopause Pada Wanita

Periode menstruasi tidak teratur

Jika sudah mendekati masa menopouse, periode menstruasi biasanya sulit diprediksi. Mulai dari waktunya yang tidak teratur hingga kuantitas darah menstruasinya yang berbeda dengan biasanya. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon yang mulai berkurang dan mempengaruhi produksi mineralisasi sehingga menurunkan jumlah estrogen pada wanita.

Susah tidur

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan wanita pre menopouse akan sulit tidur. selain insomnia ia akan kerap terbangun pada malam hari dan berkeinginan kuat untuk buang air kecil. Setelah terbangun ia akan kembali kesulitan tidur kembali. Selain itu gejala ini pun diikuti dengan rasa kepanasan atau hot flashes sehingga tubuh lebih mudah berkeringat lantaran adanya perubahan hormon.

Mood tidak stabil

Mood yang tidak stabil juga menjadi gejala akibat perubahan hormon pra menopouse. Biasanya mood yang tidak stabil ini juga menyebabkan seseorang yang mengalaminya merasa takut dan khawatir berlebih. Mood yang tidak stabil ini mirip pada masa menstruasi sehingga sulit dibedakan dengan gejala menopouse.

Inkontinensia

Inkontensia adalah keadaan seseorang yang tidak bisa mencegah urine keluar tiba-tiba. biasanya ketika tertawa, bersin atau batuk urine akan keluar dengan sendirinya walaupun intensitasnya sedikit. Hal ini disebabkan lantaran otot halus sudah tidak lagi lentur. Gejala ini bisa menandakan fase menopouse sudah semakin dekat. Selain itu inkontinensia ini juga diikuti dengan bertambahnya berat badan secara siginifikan.

Area kewanitaan menjadi kering

Menurunnya kadar hormon estrogen ini juga menyebabkan area kewanitaan menjadi kering. Keadaan inilah yang menyebabkan rasa perih disekitar area tersebut. hal ini bisa menyebabkan gairah untuk berhubungan menurun dan disertai dengan rasa nyeri ketika melakukan hubungan. Gejala ini pun semakin diperkuat dengan ingatan yang mulai berkurang.

Menopouse merupakan hal normal yang terjadi pada setiap wanita sehingga anda tidak perlu ketakutan dan khawatir jika mengalami perubahan tersebut jika terjadi di usia yang tepat.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...