3 Macam Gejala Diabetes yang Harus Kamu ketahui

Diposting pada

Gejala Diabetes – Telah menjadi pandemi yang tumbuh dengan cepat dari penyakit diabetes mellitus. Sebanyak 4 juta kematian pertahunnya dapat diperkirakan jika penyakit ini menyebabkan efek buruk bagi manusia. Bahkan penyakit HIV / AIDS sekalipun tidak jauh beda dengan ini. 8,4 juta orang telah menderita penyakit diabetes mellitus seperti hasil yang ditunjukkan pada tahun 2000 dan pada tahun 2030 akan dapat diperkirakan bahwa lebih meningkat lagi menjadi 21,3 juta orang yang menderitanya. Dalam keadaan sudah lanjut baru terdiagnosis dari sebagian besar penderita diabetes ( diabetes ). Akan dapat terjadi komplikasi pada saraf, pembuluh darah, mata dan ginjal jika hal tersebut telah dalam keadaan lanjut dan hal ini seperti yang telah dijelaskan oleh Dr. Budiman Darmowidjojo, SpPD. Namun dia juga memaparkan bahwa komplikasinya tersebut yang sangat membahayakan jika dibandingkan dengan gula darahnya yang tinggi karena gejala diabetes ini.

Komplikasi dapat dihindari jika dapat mengendalikan gula darah dengan baik, dalam hal ini yang dapat dilakukan adalah dengan mendiagnosis gejala diabetes sejak awal. Hasil pemeriksaan gula darah merupakan pendeteksi terhadap penyakit diabes mellitus yang paling utama. Kadar gula darah diatas 200 dalam pemeriksaan sewaktu – waktu namun kadar gula darah di atas 126 dengan hasil pemeriksaan setelah menjalankan puasa.

Gejala diabetes

Yang harus anda lakukan jika telah menderita diabetes mellitus adalah :
– Mengikuti program khusus penderita diabetes
– Dari dokter / educator diabetes anda dapat mengikui bimbingan dari mereka
– Ke dokter poli penyakit dalam control secara teratur penyakit anda ini

Amputasi itulah kata yang biasanya kita dengar akibat dari luka yang membusuk, menghitam dan kronis karena penyakit diabetes mellitus. Genren diabeticum adalah sebutannya seperti misal Rini ES bondon seorang artis komedian.

Gejala diabetes memiliki 3 macam dan ini sering disebut dengan 3P, seperti hasil pemeriksaan laboratorium menurut dr Budiman.

1. Gejala diabetes polifagi ( nafsu makan bertambah dan kurang tenaga )
Kurangnya pemasukan gula ke dalam sel – sel tubuh sehingga kurangnya energi yang dibutuhkan karena insulin yang bermasalah pada gejala diabetes. Lemas merupakan akibat yang akan terjadi karena kondisi ini. Kurang makan merupakan hal utama yang difikirkan oleh otak karena berkurangnya energi tersebut sehingga dalam hal ini akan terjadi bertambahnya nafsu makan. Karena rasa lapar sehingga mengakibatkan perasaan selalu ingin makan karena tubuh selalu berusaha meningkatkannya.

2. Gejala diabetes polidipsi ( sering merasa haus dan ingin minum air sebanyak – banyaknya )
Dehidrasi atau kekurangan air merupakan efek dari banyaknya urin yang keluar. Karena alasan itulah mereka para penderita diabetes pasti akan merasa haus sehingga berusaha untuk meminum minuman terutama yang berasa segar, banyak, manis dan dingin. Dalam hal ini kadar gula akan bertambah akibat dari mengkonsumsi minuman yang manis yang sangat merugikan bagi penderitanya.

3. Gejala diabetes poliuri ( sering buang air kecil dengan volume yang sangat banyak )
Apalagi saat malam hari penderita penyakit ini akan sering buang air kecil dalam volume yang sangat banyak. Hal ini terjadi karena lebih dari 180 mg atau nilai ambang ginjal telah dilebihi oleh kadar gula dalam darah maka urin akan keluar bersama – sama dengan gula. Kedalam urin tubuh akan menarik air sebanyak mungkin agar urin yang keluar tersebut tidak terlalu pekat karena kandungan gulanya sehingga buang air kecil akan sering dilakukan akibat dari volume urin yang keluar secara berlebihan. Tidur anda akan dapat terganggu karena kondisi tersebut.
Itulah selengkapnya tentang gejala diabetes.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...