12 Jenis Penyakit Paru Paru dan Penyebabnya

Diposting pada

Penyakit Paru Paru – Dalam tubuh manusia salah satu organ terpentingnya adalah Paru-Paru. Sebanyak 12 jenis penyakit siap masuk kedalamnya jika anda tidak menjaga kesehatan paru-paru dengan baik. Mempunyai fungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara yang didalam darah menggantikannya menjadi karbondioksida dan paru-paru ini merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan. Respirasi merupakan nama dari proses ini yang mana bantuan hemoglobinnya sebagai alatnya agar oksigen dapat diikat. Kemudian akan dialirkan ke seluruh tubuh setelah oksigen (O2) diikat oleh hemoglobin di dalam darah. Dalam buku berjudul Ensiklopedia Tubuh Manusia yang ditulis oleh Steve Parker memaparkan dari 12 jenis penyakit yang ada pada paru-paru, yaitu:

1. Penyakit Paru Paru Asbestosis


Banyaknya zat asbes yang telah terhirup paru-paru sehingga kerusakan berat akan terjadi merupakan penyebab terjadinya penyakit paru paru dan ini dinamakan dengan asbestosis. Kanker paru-paru akan terjadi karena asbestosis dalam beberapa khasus kurun waktu terakhir ini.

Penyebab terjadinya asbestosis :
Rokok merupakan alasan utama dari penyebab terjadinya kanker paru-paru dan ini telah terbukti dan hampir 90 % nya benar. Didalam paru-paru pertumbuhan sel abnormal sebagai pemicu dari banyaknya zat iritan terhirup saat sedang bernapas. Dan penyebab kanker yakni zat karsinogen terdapat ribuan banyaknya di dalam sepuntung rokok. Sangat mengerikan bukan ?

 

2. Penyakit Paru Paru Silikosis


Lingkungan kerja merupakan penyebab terjadinya salah satu dari penyakit paru dan ini dinamakan dengan silikosis. Inhalasi partikel-partikel Kristal silika bebas sebagai penyebab dari penyakit ini yang merupakan suatu pneumoconiosis. Dalam pembangunan dan perusahaan konstruksi banyak menggunakan sejenis bahan dari silica ini. Tidak berbahaya pada silica yang berbentuk padat namun sangat tidak baik bagi paru-paru dari bentuk butiran debunya. Kristobalit, tridimit dan kuarsa merupakan contoh yang termasuk dalam silika bebas.

 

3. Penyakit Paru Paru Emfisema


Di paru-paru kerusakan pada kantung udara (alveoli) terlibat dalam jenis penyakit paru obstruktif kronik dan ini adalah arti dari emfisima. Sehingga oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh tidak didapatkan dengan baik. Sulit bernafas merupakan satu hal yang akan dialami oleh penderita emfisema. Sesak napas dan batuk kronis akan dialami oleh penderita. Dan lagi-lagi merokok adalah salah satu penyebab paling utama dan sangat umum.

Penyebab emfisema :
Akan menjadi tegang secara berlebihan gelembung udara (alveolus) pada emfisema. Sehingga jadi berkurangnya luas permukaan penyerap oksigen karena mereka juga menyeluruh dan menyatu. Akibat penurunan elastisitas dinding alveolus maka udara juga akan terjebak di dalamnya, dan tak hanya itu saja daerah pertukaran udara dari alveolus juga akan hilang. Sebagai akibat akan hal ini maka oksigen yang akan diserap ke dalam aliran darah akan lebih sedikit, berkurangnya volume udara yang keluar masuk, dan mengembang secara berlebihan dari paru-paru tersebut.

4. Penyakit Paru Paru Akibat Kerja

Pekerjaan lapangan - Penyakit paru paru akibat kerja
Akan mengarah ketimbulnya fibrosis, karena telah menghirup partikel yang telah mengiritasi dan jaringan paru-paru akan dapat meradang sebagai penyebab terjadinya pneumoconiosis, silikosis dan asbestosis. Misalnya para pekerja tambang yang merupakan para pekerja yang selama bertahun-tahun telah terpapar partikel beracun merupakan orang merupakan orang yang mempunyai resiko lebih tinggi dalam menderita penyakit paru paru akibat pekerjaan.

5. Penyakit Paru Paru Obstruktif Kronis

Penyakit Paru Paru Obstruktif Kronis
Yang tidak sepenuhnya reversible dan tidak mempunyai karakteristik keterbatasan jalan nafas merupakan arti dari penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Secara progesif jaringan paru-paru telah rusak karena kalainan jangka panjang dengan semakin beratnya sesak nafas yang diderita merupakan pengertian dari PPOK. Dalam PPOK bisanya terjadi dua kelainan yang terjadi secara bersamaan yang meliputi emfisema dan bronchitis kronis

Penyebab PPOK :
Terhambatnya udara yang keluar dan masuk dari paru-paru dan berkurangnya dalam pengambilan oksigen dalam memenuhi kebutuhan tubuh yang normal. Merokok adalah salah satu faktor utama dan terbesar terjdinya PPOK.

6. Penyakit Paru Paru Bronchitis Kronis

Penyakit Paru Paru Bronchitis Kronis
Penyebab terjadinya penyakit Bronchitis Kronis adalah :
Karena disebabkan oleh rokok maka saluran udara pada paru-paru terjadi peradangan kronis. Bronchitis kronis sangat jarang ditimbulkan pada infeksi akut yang berulang. Akan berinfeksi berulang atau pada zat polutan terjadi paparan yang lama, akan menyempit karena iritasi terhadap asap tembakau, membengkak dan meradang ini merupakan akaibat dari bronkus saluran udara utama menuju paru-paru pada bronchitis kronis. Selain itu dahak yang berlebihan juga akan timbul karena saluran udara yang meradang tersebut. Dan hal ini akan berlanjut sepanjang tahun yang sebelumnya hanya terjadi batuk mengganggu pada waktu udara yang dingin dan lembab saja.

7. Penyakit Paru Paru Pneumotoraks

Penyakit Paru Paru Pneumotoraks
Pleura atau selaput paru merupakan tempat dari penyakit pneumotoraks ini.

Penyebab pneumotoraks :
Tertembusnya salah satu atau kedua membran pleura yang terjadi pada pneumotoraks dan paru-paru akan mengempis karena akibat dari udara yang masuk ke dalam rongga pleura tersebut.
Lapisan cairan pleura yang melumasi gerakan mereka dan sangat tipis merupakan pemisah dari membrane pleura. Ke dalam dinding dada akan memungkinkan paru-paru terisap dari jaringan paru-paru, lapisan pleura dan dinding dada yang merupakan dari keseimbangan tekanan.

8. Penyakit Paru Paru Asma

Penyakit Paru Paru Asma
Menimbulkan serangan sesak nafas diiringi dengan mengi yang merupakan penyakit radang paru-paru dan ini merupakan arti dari asma. Satu dari empat anak di beberapa daerah yang terserang penyakit ini, asma merupakan salah satu kelainan paru-paru yang paling bervariasi dan paling banyak. Terjadi serangan sesak nafas, menyebabkan menyempitnya saluran udara dan kejang merupakan akibat yang akan terjadi karena otot dinding saluran udara yang berkontraksi. Dan sekresi lendir yang berlebihan akan memperburuk penyempitan ini. Pada masa kanak-kanan sebagian besar kasus ini terjadi dan pada penyakit yang berhubungan dengan alergi ini sangat berkaitan erat seperti eksema dan mempunyai faktor keturunan pada keduanya.

Penyebab Asma:
Didalam paru-paru terjadi penyempitan pada saluran udara dan ini sebagai penyebab dari penyakit asma. Terjadinya reaksi alergi terhadap benda yang berupa partikel kecil yang terhirup seperti bulu hewan, partikel-partikel dari rambut, jamur dari kotoran debu rumah serta polen yang merupakan alergen ataupun benda asing lainnya dan hal ini merupakan sebagai pemicu serangan pada sebagian besar anak. Aktifitas berat dalam cuaca dingin, infeksi saluran pernafasan, stress, obat tertentu dan alergi terhadap makanan dan minuman merupakan penyebab lain dari penyakit ini.

9. Penyakit Paru Paru Efusi Pleura

Paru-Paru-Efusi-Pleura
Efusi pleura adalah paru-paru yang dikelilingi oleh cairan berlebih di dalam membran berlapis ganda. Sedikit cairan telah melumasi dua lapisan membran yang melapisi pleura atau paru-paru dan hal ini akan berpotensi dalam mengembang dan berkontraksinya paru-paru dalam dinding dada secara halus. Timbulnya pengumpulan cairan di antara pleura sehingga menyebabkan beberapa kanker, gagal jantung, tuberkolosis dan pneumonia merupakan beberapa contoh dari infeksi ini. Paru-paru yang tertekan jumlahnya bisa mencapai tiga liter banyaknya.

10. Penyakit Paru Paru Tuberkolosis (TB)

X-ray Penyakit Paru paru Tuberculosis
Infeksi yang menyerang jaringan paru–paru merupakan penyebab dari tuberkolosis atau yang sering disingkat dengan TB ini.

Penyebab TB :
Bakteri mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri penyebab seseorang terjangkit TB. Didalam tubuhnya sebagian besar orang mempunyai mikroba TB, namun pada beberapa orang saja penayakit ini dapat menyerang mereka. Dan hal ini terjadi jika menurunnya kekebalan tubuh atau imunitas dari orang tersebut.

11. Penyakit Paru Paru Pneumonia (radang paru–paru)

Penyakit Paru-Paru Pneumonia
Alveolus dan saluran udara terkecil yakni bronkiolus atau disebut juga dengan pneumonia merupakan peradangan dari gelembung udara mikroskopik paru-paru. Di berbagai daerah di paru-paru pneumonia ini dapat timbul. Potongan besar paru-paru atau sebuah lobus akan dapat diserang dengan pneumonia lobar. Dari lobus paru-paru area yang luas akan terpengaruh secara terus menerus dari bentuk pneumonia, dan ini merupakan arti dari pneumonia lobar. Disalah satu paru-paru atau keduanya seberkas jaringan akan dapat diserang dengan yang sering disebut sebagai bronkopneumonia.

Penyebab pneumonia :
Dari jenis Streptococcus sering kali sebagai penyebab utama dari infeksi bakteri. Di saluran pernapasan atas seperti flu oleh infeksi virus sebagai masalah sekunder dari pemicu pneumonia. Lebih jarang mikroorganisme seperti jamur dan protozoa merupakan penyebab lainnya, selain itu ada juga seperti cacar air berbagai jenis bakteri atau virus seperti influenza.

12. Penyakit paru paru Legionnaires

Penyakit paru paru Legionnaires
Bakteri legionella pneumophilia merupakan penyebab dari penyakit paru paru dari legionnaries ini. hampir mirip dengan pneumonia dari bentuk infeksinya.

Penyebab legionnaires :
Penyebab penyakit ini adalah bakteri legionella yang ditemukan di sebagian besar sumber air dan bakteri yang berbentuk batang. Dengan sangat cepat mereka berlipat ganda. Di sistem pipa ledeng atau dimanapun mereka terdapat di air yang bisa menggenang. Pada tahun 1976 dijelaskan pertama kali dari penyakit Legionnaire ini. Setelah pada veteran perang di sebuah konvensi American legion terjadi wabah penyakit yang mirip dengan pneumonia berat ini. Dan pada laki-laki penyakit ini lebih sering menyerang. Dan itulah selengkapnya tentang penyakit paru paru dan penyebabnya.

Gambar Gravatar
Kontributor Artikel Kesehatan, Tips Kesehatan, Diet sehat, Gejala penyakit berikut upaya pencegahan, Makanan&nutrisi
Loading...